Baterai Hyundai Ioniq 5 Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga Hybrid

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 10:00 WIB
Satu set baterai mobil listrik Ioniq 5 bernilai setengah atau 50 persen dari harga mobil. Harga baterai mobil listrik Hyundai Ioniq 5 mencapai ratusan juta rupiah. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Bandung, CNN Indonesia --

Baterai merupakan salah satu komponen utama dari mobil listrik. Fungsinya sangat vital yakni menyimpan semua energi dan secara teknis dayanya digunakan untuk menggerakkan roda-roda.

Komponen ini juga menjadi barang paling mahal yang ada pada kendaraan listrik. Lantas berapa harga dari baterai untuk mobil listrik Hyundai Ioniq 5?

Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department Hyundai Mobil Indonesia (HMID) mengakui bila harga dari baterai mobil listrik relatif mahal. Ambil contoh baterai mobil listrik Hyundai Ioniq 5.


Ia mengatakan satu set baterai mobil listrik Ioniq 5 bernilai setengah atau 50 persen dari harga mobil. Seperti diketahui saat ini Hyundai memiliki empat varian Ioniq 5 yang dijual mulai Rp718 juta hingga Rp829 juta.

Itu berarti harga dari baterai varian tertinggi Ioniq 5 senilai Rp414,5 juta. Bisa dikatakan baterai tersebut hampir setara dua unit Toyota Avanza varian termurah, Rp233,1 juta.

"Kalau ganti satu set, ya harganya 50 persen dari harga mobil," kata Suprayetno di Bandung, Jawa Barat, (23/6).

Menurut Suprayetno, umumnya pabrikan tidak menyarankan dilakukan pergantian menyeluruh.

Suprayetno menguraikan pertama baterai yang digunakan pada Ioniq 5 ada beberapa versi atau kapasitas baterai yang disuplai. Kemudian, ia mengatakan setiap satu set baterai, pasti akan terdiri dari puluhan modul dengan ribuan sel baterai.

"Kita hitungan satu set itu kalau melihat (baterai varian) long range dengan 72 kw itu ada 30 modul," ucap dia.

Ia mengatakan penggantian baru akan dilakukan berdasarkan kerusakan atau penurunan kualitas pada sel baterai tersebut, jadi harganya bisa ditekan.

"Jadi kalau diganti tidak semua 30 modul. Per modul kami hitung. Kalau satu modul plus minus 80 sel," ucap dia yang menjelaskan per model dijual Rp15 juta.

Garansi baterai 8 tahun

HMID memberikan garansi baterai mobil listrik Ioniq 5 hingga 8 tahun. Ioniq 5 meluncur di Indonesia ditawarkan dalam dua tipe yakni Prime dan Signature. Keduanya tersedia dengan pilihan baterai Standard Range dan Long Range.

"Artinya berapa lama usia baterai Ioniq 5, intinya kami di Hyundai berikan garansi 8 tahun. Kami pastikan jika terjadi mulfungsi kami akan garansi," tutup Suprayetno.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER