Polisi Ingatkan Naik Motor Pakai Sandal Jepit Bahaya tapi Tak Ditilang

fea | CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 15:12 WIB
Polisi mengatakan tak akan menilang pengendara menggunakan sandal jepit namun bakal memberi imbauan dan edukasi karena itu berbahaya. Polisi mengatakan tak akan menilang pengendara menggunakan sandal jepit namun bakal memberi imbauan dan edukasi karena itu berbahaya. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian memastikan pengendara sepeda motor yang menggunakan sandal jepit tidak akan ditilang. Meski demikian jika ditemukan demikian maka petugas di lapangan akan memberi imbauan dan edukasi.

Sandal jepit menjadi buah pembicaraan belakangan ini lantaran disinggung Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Sanyatbudi ketika penyelenggaraan Operasi Patuh 2022 yang digelar 13-26 Juni.

Dia mengatakan sandal jepit menimbulkan risiko kaki bergesekan dengan aspal yang bisa berujung fatal jika terjadi kecelakaan.


Menurut pandangan keselamatan berkendara, pengendara motor wajib menggunakan perlengkapan seperti helm, sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu. Meski demikian di dalam aturan kepolisian tidak ada yang spesifik mengatur soal itu kecuali harus menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia).

Namun aturan soal perlengkapan berkendara motor itu terdapat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Pada Pasal 4 huruf (I) di aturan itu tertulis bahwa pengemudi:

  1. Memakai jaket dengan bahan yang dapat memantulkan cahaya disertai dengan identitas pengemudi
  2. Menggunakan celana panjang
  3. Menggunakan sepatu
  4. Menggunakan sarung tangan
  5. Membawa jas hujan

Polda Metro Jaya melalui akun media sosial mengingatkan kembali bahwa tidak ada sanksi tilang bagi pengendara motor yang memakai sandal jepit. Walau begitu dikatakan petugas bakal memberi edukasi bahwa memakai sepatu ketika berkendara akan mengurangi fatalitas kecelakaan di jalanan.

Gambaran umum tentang sandal adalah alas kaki sederhana yang ditujukan untuk jalan kaki. Sandal tak punya pelindung bagian punggung kaki, samping telapak dan mata kaki yang membuatnya bisa merugikan ketika berkendara motor.

Kaki rawan terbentuk bagian motor yang keras, itu belum ditambah risiko kena barang panas seperti knalpot dan mesin.

Kemudian sandal juga dianggap tak mampu melindungi lebih baik daripada sepatu karena alasnya bisa selip, terlalu lentur, mudah copot dan membuat kulit terbakar karena langsung terpapar sinar Matahari.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER