EDUKASI DAN FITUR

5 Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik Secara Tiba-Tiba

CNN Indonesia
Sabtu, 02 Jul 2022 09:13 WIB
Temperatur mobil yang mendadak naik perlu diwaspadai pemilik kendaraan karena berisiko merusak mesin. Berikut penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba. Ilustrasi. Temperatur mobil yang mendadak naik perlu diwaspadai pemilik kendaraan karena berisiko merusak mesin. Berikut penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba. (istockphoto/CasarsaGuru)
, CNN Indonesia --

Temperatur mesin mobil yang tiba-tiba naik adalah kondisi yang perlu diwaspadai setiap pemilik kendaraan. Sebab kenaikannya dianggap normal apabila tidak terjadi secara tiba-tiba dan drastis.

Ketika mengalami hal tersebut, ketahui penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba berikut.

Lihat Juga :

Saat temperatur pada mobil naik tiba-tiba, bisa dipastikan telah terjadi permasalahan pada komponen mesin kendaraan. Apabila masalah temperatur mobil yang naik secara drastis ini dibiarkan, risiko mesin rusak hingga kebakaran mungkin saja terjadi.

Dilansir berbagai sumber, setidaknya ada 5 penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba.

1. Ada kebocoran pada radiator

Kebocoran pada radiator menjadi salah satu biang keladi dari naiknya temperatur mobil secara tiba-tiba. Seperti yang diketahui bersama, radiator pada kendaraan bermotor menjadi komponen yang memegang peranan vital pada suhu mesin.

Saat radiator bermasalah, maka bisa dipastikan suhu pada mesin mobil akan naik. Sebab radiator inilah yang bertugas dalam sistem pendinginan pada kendaraan, termasuk mobil.

Pada saat suhu mesin mobil naik tiba-tiba, maka lebih baik radiator menjadi fokus pertama untuk dilakukan pengecekan. Umumnya, penyebab temperatur mobil naik akibat radiator adalah kebocoran. Jika sudah bocor, maka sistem pendinginan tidak bisa bekerja optimal.

Selain itu bisa dilihat dari tanda lain seperti air radiator yang habis. Jika air radiator habis maka kemungkinan telah terjadi kebocoran.

Biasanya hal ini disebabkan oleh korosi pada bagian kisi-kisi radiator. Korosi akan cepat terjadi jika Anda menggunakan cairan radiator yang mengandung logam.

2. Kipas dan fan belt tidak bekerja maksimal

Jika pada radiator tidak ada masalah, maka kipas dan fan belt merupakan komponen berikutnya yang bisa dilakukan pengecekan.

Sama seperti radiator, kipas dan fan belt juga berperan untuk menjaga mesin kendaraan agar tetap berada pada suhu optimal, yakni antara 60 hingga 95 derajat Celcius.

Pada saat dua komponen ini mengalami masalah, maka bisa temperatur mesin mobil berisiko naik dengan drastis.

Biasanya permasalahannya adalah kipas dan fan belt kotor, sudah lemah, atau bahkan macet sehingga tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Penyebab temperatur mobil naik tiba-tiba, baca di sebelah...

5 Penyebab Temperatur Mobil Naik secara Tiba-Tiba

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER