Ciri Flashdisk Terkena Virus Shortcut dan Cara Memperbaikinya

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 10:48 WIB
Ketika flashdisk terserang virus ini, Anda bisa mengetahuinya dari ciri-cirinya dan lakukan cara memperbaiki flashdisk terkena virus shortcut. Ilustrasi. Ketika flashdisk terserang virus ini, Anda bisa mengetahuinya dari ciri-cirinya dan lakukan cara memperbaiki flashdisk terkena virus shortcut. (jackmac34/Pixabay)
, CNN Indonesia --

Semakin berkembangnya teknologi, terutama pada komputer dan laptop, virus yang bisa menginfeksi perangkat tersebut pun kian semakin banyak dan beragam. Virus tak cuma menyerang komputer ataupun laptop, tapi juga flashdisk.

Salah satu virus yang kerap ditemukan pada flashdisk adalah virus shortcut. Anda bisa mengenalinya dari ciri-ciri dan segera melakukan cara memperbaiki flashdisk terkena virus shortcut.

Umumnya, flashdisk yang terkena virus berasal dari perangkat laptop atau komputer yang telah bervirus kemudian menularinya.

Jika Anda mendapatkan virus ini pada flashdisk, besar kemungkinan Anda sebelumnya menghubungkan flashdisk ini ke laptop atau komputer yang terkena virus dan tidak melakukan eject.

Tentu saja hal ini dapat mengkhawatirkan, terlebih jika terdapat banyak data penting yang terdapat pada flashdisk Anda yang terkena virus shortcut ini.

Pasalnya, virus akan mengkloning atau memperbanyak file yang dapat membuat Anda kesulitan menemukan file yang asli.

Ciri-Ciri Flashdisk Terkena Virus Shortcut

Ilustrasi hackerIlustrasi. Ciri-ciri flashdisk terkena virus shortcut. (iStock/agrobacter)

Terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan saat flashdisk ini terkena virus shortcut.

1. Terdapat file induk

Virus ini biasanya akan membuat file induk. File induk dari virus ini biasanya bernama database.mdb yang akan bersemayam di folder My Document.

2. Muncul file dengan ekstensi

Selain file induk, virus ini juga akan membuat file autorun.inf yang tersebar pada komputer atau laptop. File ini biasanya terdapat pada folder dan drive pada laptop atau komputer.

Tak hanya autorun saja, virus ini nantinya juga akan menempatkan file dengan nama thumb.db. File thumbs.db ini lain dengan yang sudah ada di perangkat yang Anda miliki.

Selain itu, virus ini biasanya akan membuat file dengan ekstensi .ink yang terletak di dalam folder dan drive perangkat Anda.

3. File berubah menjadi shortcut palsu

Seperti namanya, virus ini akan membuat shortcut palsu pada komputer atau laptop yang Anda miliki.

Layar tetap akan menampilkan file Anda, hanya saja berubah menjadi bentuk shortcut sehingga file tidak dapat dibuka. 

Cara mengatasi virus shortcut di flashdisk, lanjut sebelah...

Cara Memperbaiki Flashdisk Terkena Virus Shortcut

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER