Toyota Buka Suara Soal Hyundai Stargazer Bikin Panas Segmen Low MPV

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 06:11 WIB
Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy mengatakan sudah menyiapkan strategi untuk mempertahankan pangsa pasar Avanza dan Veloz. Toyota Avanza generasi terbaru pesaing Hyundai Stargazer. (Foto: (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono))
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasar otomotif segmen low MPV dalam negeri akan semakin panas dengan rencana kedatangan Hyundai Stargazer.

Toyota sebagai raja di segmen low MPV pun buka suara. Raksasa otomotif asal Jepang itu mengaku sudah sangat siap untuk menghadapi pesaing terbarunya.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy mengatakan strategi ini meliputi berbagai hal, mulai dari kualitas produk hingga layanan perusahaan terhadap konsumen.

"Strategy brand, product, layanan dan sales program. Detailnya saya tidak bisa share dulu ya," kata Anton melalui pesan singkat, Selasa (28/6).

Stargezer merupakan calon mobil terbaru Hyundai yang akan masuk ke dalam segmentasi Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sudah dihuni tujuh merek Jepang dan satu asal China.

Sejauh ini peluncuran mobil tersebut belum diketahui secara detail. Namun, merek Korea Selatan itu menerangkan peluncuran sekaligus debut global yang dilakukan dari Indonesia.

Toyota seperti dijelaskan Anton menyambut baik dengan kehadiran merek baru itu. Ia pun menyakini full model change Avanza dan Veloz sudah menjadi tren di Indonesia dan siap mempertahankan pangsa pasarnya.

"Kami melihat akan adanya brand baru di segment ini positif ya, artinya potensi pasarnya masih bisa berkembang. Untuk kompetisi rasanya lumrah ya," kata Anton.

Anton mengatakan di masa mendatang tantangan bukan cuma dari kompetitor lewat produk baru. Melainkan dari sisi layanan yang diberikan masing-masing produsen kepada konsumen.

"Itu juga alasan kami memisahkan Avanza dan Veloz karena kebutuhan yang berbeda tadi, jadi kami bisa develop sesuai dengan kebutuhan masing masing market nya," imbuh Anton.

Anton mengklaim performa penjualan Avanza dan Veloz sangat baik jika dibandingkan para kompetitornya.

Data retail atau penjualan dari dealer ke konsumen yang diterima CNNIndonesia, Toyota mencapai 41 persen pangsa pasar periode Januari-Mei 2022 atau naik dari 2019 yang berada pada level 32.3 persen (Avanza menyumbang 21,8 persen pangsa pasar, Veloz 10,5 persen pangsa pasar ).

Untuk 2020, Avanza dan Veloz menguasai 37 persen pangsa pasar. Dan sejak full model change, Avanza berada di 24 persen pangsa pasar , sedangkan pangsa pasar Veloz melonjak ke hampir 17 persen.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER