Fortuner hingga Pajero Sport Dilarang Minum Pertalite per 1 Juli

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 17:45 WIB
Mobil di atas 2.000 cc, seperti Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport, akan dilarang mengisi BBM jenis pertalite. Ilustrasi. Sejumlah merek kendaraan dengan cc di atas 2.000 akan dilarang pakai Pertalite. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil di atas 2.000 cc bakal dilarang mengisi BBM jenis pertalite. Beberapa merek tenar akan terdampak, di antaranya Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport.

Diketahui, Pemerintah sedang menyusun kriteria kendaraan yang tidak bisa membeli bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar. Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan penyusunan kriteria ini sejalan dengan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Menurut dia, jenis kendaraan yang tak boleh mengkonsumsi BBM subsidi adalah mobil dan motor mewah yang ditentukan dari kapasitas mesinnya.

"Itu mobil pelat hitam masih bisa (membeli pertalite) kecuali yang di atas 2.000 cc, termasuk motor mewah," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (29/6).

Dia menyebut yang sudah dipastikan adalah mobil di atas 2.000 cc dan motor mewah di atas 250 cc. Sementara, mobil di atas 1.500cc dikatakan masih dalam pembahasan dalam revisi Perpres tersebut.

"Sesungguhnya kalau mampu membeli mobil mahal, mestinya mampu membeli BBM non subsidi," ucap dia.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, beberapa tipe mobil populer di atas 2.000 cc yang banyak dipakai warga antara lain Mazda CX-5 (2.488 cc), Toyota New Alphard 2022 (2.494 cc), Toyota New Fortuner GR Sport (2.800 cc), Mitsubishi Pajero Sport V6 bensin (2.998 cc).

Sementara itu, untuk BBM subsidi solar akan dibatasi pembeliannya untuk semua kendaraan pribadi pelat hitam. Pengecualian diberikan untuk kendaraan pelat hitam angkutan barang bak terbuka.

"Kita masukkan ke sini karena banyak saudara kita yang melakukan usaha roda empat bak terbuka di kampung-kampung, kalau nanti ini kita batasi akan menyulitkan. Jadi, kita kecualikan," jelasnya.

Solar juga masih diperbolehkan dibeli oleh kendaraan atau angkutan umum perorangan, seperti angkot dan juga bajaj. "Kendaraan angkutan orang pelat kuning juga masih kita berikan JBT solar," tandasnya.

Namun demikian, kebijakan ini bakal diterapkan secara bertahap per wilayah.

[Gambas:Video CNN]

Catatan Redaksi: Judul berita ini diubah dari semula Fortuner hingga Pajero Dilarang Minum Pertalite per 1 Juli.

(tim/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER