Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Dapat Surat Tilang Elektronik Nyasar

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 09:31 WIB
Polri akan menerapkan tilang elektronik, ETLE. Namun pengiriman surat tilang terkadang masih salah alamat. Masyarakat tidak perlu panik apabila menerima surat tilang elektronik, ETLE yang salah alamat. Ada cara untuk mengeceknya. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta, CNN Indonesia --

Teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik dianggap mampu menilang pelanggar lalu lintas secara efektif. Namun tilang elektronik berpotensi salah sasaran, berikut tips mengatasinya.

Alhasil, masyarakat pun berpotensi dirugikan akibat salah kirim surat tilang ETLE. Pasalnya, masyarakat menerima surat tilang padahal tidak bersalah.

Namun demikian, masyarakat diharapkan untuk tidak panik dahulu apabila menerima sura tilang ETLE yang salah alamat. Untuk diketahui, surat ETLE yang dikirim ke rumah itu bukanlah surat tilang, melainkan surat konfirmasi.

Sebelumnya, penilangan secara elektronik atau eletronic law traffic enforcement (ELTE) akan lebih diutamakan selama Operasi Patuh Jaya 2022.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi menyampaikan dalam operasi kali ini penindakan akan difokuskan melalui tilang elektronik. Terlebih saat ini sudah banyak Polda jajaran yang sudah menerapkan sistem tilang elektronik.

Namun, saat mendapati kiriman surat tersebut masyarakat bisa mengecek kendaraan yang ditilang secara elektronik. Singkatnya, jika tinggal di wilayah Jakarta dan ingin mengecek, masyarakat bisa mengunjungi situs https://etle-pmj.info/id/check-data.

Berikut cara-cara mengatasi jika ada surat tilang online nyasar ke rumah:

1. Kunjungi halaman resmi tilang elektronik di https://etle-pmj.info/id/check-data

2. Isi nomor pelat kendaraan, nomor rangka, nomor mesin yang tertera di STNK

3. Kemudian, masukkan kelengkapan data yang diminta, dan pilih 'Cek Data'

4. Apabila benar terjadi pelanggaran lalu lintas, halaman akan memberikan informasi terkait lokasi, tipe kendaraan dan catatan waktu pelanggaran

5. Jika tidak melakukan pelanggaran maka akan muncul tampilan 'No Data Availeble' atau data tidak ditemukan.

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER