Warganet Ramai Doakan Menpan RB: Wafat di Hari Baik Tanda Orang Baik

CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 13:56 WIB
Netizen mengucap 'innalillahi' usai kepergian Menpan RB Tjahjo Kumolo di hari baik, Jumat (1/7). Warganet mengenang kebaikan Menpan RB Tjahjo Kumolo semasa hidupnya. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet ramai-ramai mengucap 'innalillahi' usai kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7). Kebaikan-kebaikannya semasa hidup pun dikenang.

Sebelumnya, politikus PDIP Junimart Girsang mengatakan Tjahjo wafat pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Tjahjo memang tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir. Dia disebut mengalami komplikasi karena kelelahan hingga dirawat.

"Awalnya kecapekan, letih. Pekerjaan yang berat, kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit, kan, komplikasinya berarti multiorgan ya," kata politikus PDI-Perjuangan Hendrawan Supratikno.

Kabar wafatnya Tjahjo ini pun menjadi salah satu tema yang ramai dibahas di Twitter. Kata kunci 'Tjahjo Kumolo' dan 'Innalillahi', per pukul 13.51 WIB, pun berturut-turut ada di peringkat  5 dan 6 trending topic. Masing-masing dicuitkan lebih dari 10 ribu kali dan lebih dari 3.400 kali.

Akun @Pencerah__ mengatakan Tjahjo wafat di hari baik. "Innalilahi wa inna ilaihi raji'un. Politisi senior PDIP, yang juga merupakan tokoh politik nasional pak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah."

"Beliau meninggal di hari yang sangat baik. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima segala amal Beliau, Amiin," lanjutnya.

Senada, akun @_idupait menyatakan Tjahjo tergolong meninggal saat masih dalam tugas.

"Walaupun gk begitu kenal tp Sering liat di Tv katanya kalau meninggal hari jumat tandanya orang baik.Semoga allah tempatkan ditempat sebaik baiknya aminn terimakasih pak tjahjo kumulo atas jasanya buat negara," kicaunya.

Berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa "Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jumat", hari saat Nabi Adam AS diciptakan, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga, serta hari kiamat.

Akun @bukupembaharu mengenang nasihat Tjahjo di masa lalu soal kebaikan.

"Orang baik kalau diam saja, maka akan kalah sama orang jahat, Muhammadiyah yang berisi orang baik," kata Tjahjo Kumolo yang sedikit mengutip kalimat Jenderal Soedirman. (2017)," kicaunya.

"Innalillahi wa inna ilahi roji'un. Turut berduka cita atas wafatnya MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo," lanjut akun itu.

Sementara, akun @jodouhmu mengenang Tjahjo sebagai menteri yang rendah hati dan tak sulit untuk dikontak.

"Inalillahi wa'inailaihi roji'un. Bapak menteri yang baik, ga susah buat dihubungin. Insya Allah surga untuk bapak tjahjo. Saya pribadi walaupun baru ketemu sekali tapi merasa kehilangan sosok menteri seperti bapak," ucap dia.

Sementara itu, @Smsl_alghozali mengingat politikus PDIP itu sebagai sosok yang santun.

"Seingatku saya kenal alm Mas Tjahjo Kumolo sejak zaman Orde Baru ketika beliau masih aktif sebagai politisi Golkar dan terpilih sebagai Ketum KNPI. Orang baik dan santun."

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER