Mobil Rongsok Tak Bertuan Tergeletak Bagai Sampah di Arab Saudi

fea | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 11:09 WIB
Banyak mobil ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan di Arab Saudi, warga mengeluh karena jadi pemandangan tidak enak. Ilustrasi. Banyak mobil ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan di Arab Saudi, warga mengeluh karena jadi pemandangan tidak enak. (iStockphoto/dies-irae)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jika Anda berada di daerah tepi kota besar di Indonesia ada kemungkinan Anda melihat sampah rumah tanggah di pinggir jalan, tetapi kalau di Arab Saudi Anda akan menemukan pemandangan mobil-mobil rongsokan.

Mobil tua dan rusak jadi rongsokan di beberapa lokasi dan pinggir jalan di Mekah. Arab News menjelaskan pemandangan seperti ini ditemukan di kawasan industri kota.

Ibrahim Bilal, warga Arab Saudi, menjelaskan kendaraan seperti itu banyak tergeletak di mana-mana di Mekah.

"Beberapa kendaraan telah ditinggalkan di sepanjang jalan yang sibuk tidak hanya selama berbulan-bulan, tetapi beberapa tahun. Pihak berwenang terkait perlu memperhatikan masalah ini," kata Bilal.

Warga Arab Saudi lainnya, Bandar Mushi, mengatakan masyarakat tak mengetahui mobil tergeletak itu curian atau milik pedagang barang terlarang yang sudah selesai melakukan pekerjaan lalu meninggalkannya seperti sampah.

Adham Bifari, yang juga warga Arab Saudi, mengatakan sangat penting pihak berwenang turun tangan membersihkan kendaraan-kendaraan ini.

"Dalam beberapa kasus, mobil rongsokan ini membuat rintangan dalam pergerakan mobil pemadam kebakaran dari departemen pertahanan sipil di daerah pemukiman," ucap Bifari.

Direktur Administrasi Lalu Lintas Mekah, Talaat Al-Mansoori, mengatakan mobil-mobil rongsokan itu ditarik dari pinggir jalan 15 hari setelah 'rusak' atau 'talif' seperti ditulis dalam bahasa Arab.

"Setelah itu baru dinilai tingkat kerusakannya seperti tidak punya ban dan bagian mana yang hilang," kata Al-Mansoori.

Al-Mansoori juga mengungkap pihaknya sudah memindahkan 1.980 mobil dari kawasan tersebut walau tak menjelaskan periodenya.

Osama Zaituni, juru bicara sektretariat Kota Suci mengatakan jika tidak ada yang mengklaim kendaraan selama tiga bulan, mobil-mobil itu akan didaur ulang.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER