Adu Kebut Internet, XL Tercepat Download di Jakarta dan Ibu Kota Baru

CNN Indonesia
Jumat, 08 Jul 2022 07:10 WIB
XL menjadi yang tercepat dalam hal download di Jakarta dan Kalimantan. Demikian menurut Opensignal. XL memenangi persaingan untuk urusan download di Jakarta dan Kalimantan menurut riset OpensignalFoto: CNN Indonesia/Gautama Padmacinta
Jakarta, CNN Indonesia --

Data riset Opensignal menyebut operator jaringan XL menjadi yang tercepat untuk melakukan download di Jakarta dan Ibu Kota Negara baru (IKN) di Kalimantan.

Berdasarkan hasil riset, XL memiliki kecepatan download 18,7 Mbps secara nasional. Angka tersebut jauh lebih besar dibanding empat operator jaringan internet lainnya yang tersedia di Indonesia.

Sebut saja Telkomsel yang hanya punya kecepatan download 16,3 Mbps, Indosat 14,1 Mbps, 3 lewat 11,2 Mbps. Smartfren menjadi operator dengan kecepatan download paling lambat yakni 9,0 Mbps.

"Beralih ke kategori kecepatan, XL menjadi juara regional terbanyak untuk Download Experience. Pengguna kami di jaringan XL melihat kecepatan unduh tercepat di tujuh dari 10 wilayah, termasuk Sulawesi, di mana pengguna Indosat dan XL melaporkan tidak ada perbedaan statistik dalam kecepatan unduh yang mereka alami," tulis pernyataan Opensignal.

"Sementara itu, di Banten, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, pengguna Telkomsel kami mendapatkan Download Speed Experience teratas," lanjutnya.

Pada riset sebelumnya, Telkomsel menjadi yang tercepat bahkan menjadi pemenang Download Speed Experience berturut-turut.

Kategori download speed experiencne diukur dalam Mbps yang mewakili kecepatan harian yang biasa dialami pengguna di seluruh jaringan data seluler operator. Selain download speed experience, Opensignal juga melaporkan metrik yang terkait dengan kecepatan download.

Di Kalimantan yang diproyeksi untuk menjadi wilayah Ibu Kota baru Indonesia, kecepatan download XL mencapai 20,5 Mbps. Telkomsel berada di bawahnya dengan 15,9 Mbps, disusul 3 dengan 13,9 Mbps, Indosat 13,2 Mbps dan Smartfren 11,0 Mbps.

Pengalaman melakukan download menggunakan XL di Jakarta juga jauh lebih cepat dibanding Kalimantan dan wilayah lain. Data Opensignal menyebut kecepatan download XL di Jakarta mencapai 21,3 Mbps.

Sedangkan kecepatan download Telkomsel di Jakarta hanya 20,9 Mbps. Diikuti Indosat 15,9 Mbps, 3 lewat 11,3 Mbps dan Smartfren 11,2 Mbps.

[Gambas:Video CNN]

(tf/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER