Riuh Netizen Bahas Julianto Eka, Ungkit Terhukum Mati Herry Wirawan

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 12:30 WIB
Sebagian netizen mengomentari kasus tersangka pelecehan seksual Julianto Eka Putra dengan menyamakannya ke predator seks terhukum mati Herry Wirawan. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri SMA Selamat Pagi Indonesia tersangka pelaku pelecehan seksual, Julianto Eka Putra, viral di jagat maya. Sejumlah netizen menyamakan dia dengan predator seks asal Bandung, Herry Wirawan.

Kondisi ini berkenaan dengan Julianto yang diduga kuat sebagai pelaku pelecehan seks, namun hingga kini ia belum ditahan.

Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Julianto terjadi sekitar 13 tahun silam. Kasus itu kembali menyeruak setelah siswi SMA Selamat Pagi Indonesia tampil di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Dua siswi yang mengaku sebagai korban menjelaskan tindakan bejat Julianto. Ini meruntuhkan citra Julianto yang dikenal sebagai motivator, hingga membangun sekolah gratis untuk orang tak mampu.

Sejumlah netizen geram usai menyaksikan konten influencer itu kemudian meluapkannya di jagat Twitter pada Rabu (7/6).

Akun @mrs_evisoe misalnya yang menyamakan Julianto dengan Herry Wirawan.

"Bapak-bapak harus melihat fakta bahwa Julianto Eka Putra ini sama jahatnya dengan predator Herry Wirawan. Bahkan mengeksploitasi murid-muridnya secara ekonomi," ujarnya, Rabu (7/7).

Herry merupakan pelaku kejahatan seksual kepada para santri di Bandung, Jawa barat. Sebanyak 13 santri diperkosa lalu dia dijatuhkan hukuman mati oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

"Mengapa pencabulan yg sama namun perlakuan hukumnya berbeda: Julianto Eka Putra dan Herry Wirawan? Herry Wirawan : Predator Seks Cabuli Belasan Murid di Bandung, Jawa Barat," ujar @aryprasetyo85.

Ada pula warganet yang menduga Julianto merupakan sosok kuat di Batu, Malang. Hal itu lantaran kasusnya banyak didemo oleh warga, namun hingga kini tak banyak orang di sekitar sekolah Selamat Pagi Indonesia yang tahu.

"Ternyata demo yg sering terjadi di depan pengadilan kota malang dan sering aku lihat ada hubungannya sama kasus pelecehan seksual oleh Julianto Eka Putra," tutur @anfitrians.

"Dan asli dekengan si Julianto ini kuat banget sampe orang Malang dan Batu aja pada gak tau kasus ini," sambungnya.

Sementara itu warganet @vita_avp menuturkan Julianto harus mendapatkan hukuman setimpal atas perbuatannya.

"Julianto Eka Putra hrs mendapatkan hukuman yg setimpal. Jika Herry Wirawan bisa diancam hukuman mati, seharusnya JEP pun demikian," tuturnya.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER