Sinyal 3G Telkomsel Hilang di Jakarta, Bisa Dapat SIM Card 4G Gratis?

CNN Indonesia
Kamis, 14 Jul 2022 13:30 WIB
Telkomsel menghapus layanan 3G di seluruh wilayah DKI Jakarta sejak 6 Juli. Kini, pengguna bisa memakai jaringan 4G yang lebih kencang. Ilustrasi. Layanan 3G Telkomsel sudah dihapus di DKI. (Foto: Dok.Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan 3G Telkomsel di seluruh wilayah DKI Jakarta tak bisa dinikmati lagi sejak 6 Juli. Warga pun fokus pada jaringan 4G yang diklaim lebih kencang untuk 'internetan'.

Berdasarkan pernyataan resmi Telkomsel, pada 4 Juli, "Layanan jaringan 3G Telkomsel di seluruh DKI Jakarta akan hilang pada tanggal 6 Juli 2022."

"Setelah mengakselerasi jaringan 4G di Jakarta Timur bulan lalu, Telkomsel kembali mendorong pemerataan 4G di seluruh wilayah Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat," lanjut keterangan itu.

Dikutip dari situs resminya, wilayah DKI Jakarta yang masih tercatat dalam 'Jadwal Peningkatan 4G' adalah Jakarta Timur, dengan tenggat pada 22 Juni 2022.

Menurut Telkomsel, penghapusan jaringan 3G dari bumi Jakarta ini merupakan "arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)".

Penghapusan jaringan 3G ini berdampak pada masyarakat pemilik ponsel jadul dan SIM Card yang belum bisa mendukung jaringan 4G.

General Manager Consumer Sales Region Central Jabotabek Telkomsel Anandoz Bangsawan mengatakan pihaknya akan mempermudah warga dengan pergantian kartu di gerai-gerai. 

"Dukungan ini juga kami maksimalkan dengan kemudahan yang dihadirkan untuk mengganti kartu 3G ke 4G. Pelanggan dapat mengunjungi GraPARI terdekat dan membawa KTP, kami akan membantu proses penggantian kartu 4G hingga tuntas tanpa dipungut biaya," kata dia, dalam siaran pers.

Terkait alih jaringan ini, Telkomsel menyebut keramaian terjadi di seluruh titik GraPARI.

Provider telekomunikasi pelat merah ini menyebut pelanggan cukup membawa KTP dan verifikasi sidik jari. Pergantian juga bisa dilakukan pada mesin MyGraPARI.

"Kami akan terus melakukan implementasi 4G yang lebih merata ke depannya," tandas Anandoz.

Diketahui, penghapusan jaringan 3G sudah dimulai sejak awal tahun ini oleh Telkomsel. Sejumlah provider lainnya juga menyusul. Hal ini dilakukan untuk menghemat frekuensi. Pasalnya, 3G dan 4G memiliki fungsi sejenis, yakni terkait data, meski kecepatannya berbeda.

Sementara, layanan 2G masih dipertahankan karena cuma melayani jaringan telepon seluler dan SMS.

[Gambas:Video CNN]

(tim/arh)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER