Kaspersky Ungkap Modus Penipuan Bitcoin Pakai Nama Nvidia

CNN Indonesia
Minggu, 17 Jul 2022 15:47 WIB
Kaspersky mengungkapkan modus penipuan bitcoin yang seolah-olah berasal dari perusahaan perangkat lunak terkemuka, Nvidia. Ilustrasi penipuan online. Kaspersky mengungkapkan modus penipuan bitcoin yang seolah-olah berasal dari perusahaan perangkat lunak terkemuka, Nvidia. (Kapersky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan keamanan siber Rusia, Kaspersky, mengungkapkan modus penipuan bitcoin yang seolah-olah berasal dari perusahaan perangkat lunak terkemuka, Nvidia.

Para penjahat siber itu disebut sengaja membuat situs palsu bertuliskan "Perayaan Ulang Tahun ke-30 Nvidia" agar pengunjung dapat ikut dalam sayembara.

Sayembara tersebut menjanjikan partisipan bisa mendapatkan hadiah total senilai 50 ribu bitcoin.

"Para partisipan yang berhasil akan diberi tahu bahwa mereka dapat menggandakan donasi atau bahkan memperoleh 'jackpot' sebesar 50 ribu bitcoin," menurut laporan Kaspersky lewat keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (16/7).

"Laman tersebut mencakup kredensial dompet kripto bagi pengguna untuk mengirimkan 'donasi' mereka," lanjut pernyataan tersebut.

Para pelaku kemudian mengecoh korban mereka dengan menggunakan Nvidia yang mestinya berwarna hijau, dengan warna ungu.

Kaspersky juga menyebut laman palsu itu menampilkan tombol "partisipate". Bila diklik, tombol itu akan membawa pengunjung ke laman berisi informasi detai soal 'pembagian hadiah'.

Nvidia CEO  speaks during a press conference at The MGM during CES 2018 in Las Vegas on January 7, 2018. (Photo by Mandel Ngan / AFP)Jensen Huang, Chief Executive Officer (CEO) Nvidia. (Mandel Ngan / AFP)

Meski begitu, ada banyak kesalahan ejaan yang mestinya tidak ditemukan pada perusahaan terkemuka sekelas Nvidia. Selain itu, laman tersebut membujuk para calon korban untuk berdonasi sebelum bisa memenangkan hadiah.

Laman jebakan itu bahkan memasang foto Jensen Huang, Chief Executive Officer (CEO) Nvidia. Laman itu juga didukung pesan bot Nvidia palsu.

Menurut Kaspersky, dompet penjahat siber itu dapat diperiksa di situs blockchain.com. Namun total saldo akun tersebut hanya 0,42 BTC (setara dengan US$8,495 USD), jauh dari 50 ribu bitcoin yang dijanjikan.

Belum diketahui pasti apakah jumlah di dompet itu berasal dari donasi atau bukan. Namun sejumlah transaksi dari pengirim anonimus terlacak di riwayat akun tersebut.

"Penipuan kripto yang menggunakan foto selebriti, atau merek terkenal menjadi marak belakangan ini. Kami menyaksikan kampanye yang mengatasnamakan Elon Musk, Bill Gates, dan Pavel Durov," tulis Kaspersky.

"Kali ini, pelaku melakukan hal yang lebih jauh, membuat situs palsu mengatasnamakan CEO Nvidia dan menghubungkan situs ke acara spesial perusahaan," lanjutnya.

Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky menyarankan warganet berhati-hati menelusuri tautan yang diikuti di internet, serta menghindari donasi dalam bentuk apapun dari sumber yang belum terpercaya.

Selain itu, untuk menghindari penipuan, disarankan menyimpan dana dan data pribadi secara hati-hati.

Logo NvidiaLogo Nvidia yang asli. (Wikimedia Commons)

Berikut beberapa langkah yang disarankan oleh pakar keamanan Kaspersky, agar tidak diketahui pihak penjahat siber:

- Cek setiap tautan sebelum diklik. Lihat dan perhatikan URL jika ada salah pengejaan atau kejanggalan

- Perhatikan situs tersebut karena kadang mirip seperti aslinya

- Untuk melindungi data dan finansial, pastikan selalu check out atau log out dari akun pembayaran

- Gunakan solusi keamanan terpercaya yang dapat membantu memeriksa keamanan URL yang dikunjungi, produk ini juga dapat membantu mengakses situs apapun dalam mode perlindungan untuk menghindari pencurian data pribadi, termasuk detail finansial.

(can/end)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER