Rumus Volume Balok, Contoh Soal, dan Cara Menghitung

CNN Indonesia
Senin, 01 Agu 2022 11:30 WIB
Seperti bangun ruang lain, balok juga bisa dihitung volumenya dengan rumus volume balok. Berikut pengertian, ciri, rumus dan contoh soal volume balok. Ilustrasi. Seperti bangun ruang lain, balok juga bisa dihitung volumenya dengan rumus volume balok. Berikut pengertian, ciri, rumus dan contoh soal volume balok. (iStockphoto/pupunkkop)
, CNN Indonesia --

Cukup banyak benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok. Benda berbentuk balok itu cukup mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Sebut saja batu bata, kotak pensil, lemari, kulkas, dan masih banyak lagi.

Sama seperti bangun ruang yang lain, balok juga bisa dihitung jumlah volumenya. Untuk dapat mengetahuinya, perlu menggunakan rumus volume balok.

Berikut diulas pengertian balok, ciri-ciri, rumus volume balok, dan juga contoh soal agar kamu lebih mudah untuk memahaminya.

Pengertian Balok

Balok merupakan sebuah bangun ruang yang termasuk ke dalam kategori prisma. Prisma sendiri adalah sebuah bangun ruang yang memiliki bentuk alas dan atap dengan bentuk dan ukuran yang sama atau kongruen.

Sederhananya, balok bisa juga diartikan sebagai sebuah bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk dari 3 pasang persegi panjang dengan ukuran yang berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.

Ciri-Ciri Balok

Jika diperhatikan, bangun ruang sebuah balok memiliki 6 ciri-ciri. Berikut 6 ciri-ciri dari balok untuk diketahui, mengutip laman Embibe.

  1. Balok mempunyai 6 sisi: Ciri pertama dari sebuah balok adalah memiliki sisi berjumlah 6 buah. Sisi tersebut berbentuk persegi atau persegi panjang yang terdapat pada samping kiri, kanan, atas, bawah, depan, dan belakang.
  2. Balok mempunyai 12 rusuk: Selanjutnya, sebuah balok memiliki 12 rusuk. Rusuk sendiri merupakan sebuah garis yang memotong dua sisi bidang balok. Rusuk ini sejajar dan sama panjang atau juga bisa disebut dengan kerangka balok.
  3. Balok mempunyai 8 titik sudut: Balok memiliki 8 buah titik sudut. Titik sudut pada balok tersebut terbentuk dari singgungan 3 rusuk pada sebuah balok.
  4. Balok mempunyai 12 diagonal bidang: Sama seperti jumlah rusuk, balok juga memiliki 12 diagonal bidang atau yang juga biasa disebut dengan diagonal sisi. Diagonal bidang merupakan sebuah ruas yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan.
  5. Balok mempunyai 4 diagonal ruang: Yang disebut dengan diagonal ruang adalah sebuah garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan dalam satu ruang balok.
  6. Balok mempunyai 6 bidang diagonal: Bidang diagonal sendiri merupakan sebuah bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidang. Balok sendiri memiliki 6 buah bidang diagonal.

Rumus Volume Balok

Ilustrasi Ruang Belajar di SekolahIlustrasi. Rumus volume balok (robarmstrong2/Pixabay)

Untuk menghitung volume sebuah balok adalah dengan mengalikan luas alas dengan tinggi pada balok tersebut.

Karena alas balok berbentuk persegi panjang, maka untuk mencari luas alas menggunakan rumus panjang x lebar dengan satuan kubik (³). Sehingga didapatkan rumus volume balok sebagai berikut:

  • Rumus volume balok:  V balok = p × l × t

Keterangan:

V = volume dari balok.

p = panjang dari balok.

l = lebar dari balok.

t = tinggi dari balok.

Gif banner Allo Bank

Contoh soal dan cara menghitung dengan rumus volume balok, lanjut sebelah...

Contoh Soal Menghitung Volume Balok

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER