AS Kian Serius Buru Alien, Bentuk Kantor Pemburu UFO Pentagon

CNN Indonesia
Senin, 25 Jul 2022 15:55 WIB
Kantor pemburu alien All-domain Anomaly Resolution Office (AARO) didirikan oleh Pentagon, Rabu (20/7). Gedung Pentagon, AS. Dept. Pertahanan membentuk biro khusus 'penyelidik alien'. (Foto: SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pentagon resmi membuka kantor pemburu objek terbang tak dikenal (UFO), All-domain Anomaly Resolution Office (AARO), pada Rabu (20/7). Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah AS menyelidiki kasus-kasus itu.

Kantor ini akan berfungsi sebagai hub pusat yang mengumpulkan, menyelidiki, dan mengelola laporan penampakan UFO di seluruh Departemen Pertahanan AS (DOD) yang mencakup Angkatan Darat AS, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Amerika Serikat.

Dilansir situs DOD, misi AARO adalah menyinkronkan upaya di seluruh Departemen Pertahanan serta departemen dan lembaga federal AS lainnya, untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengaitkan objek yang menarik di, pada, atau dekat instalasi militer, area operasi, area pelatihan, area khusus, wilayah udara dan area kepentingan lainnya.

Selain itu, 'kantor pemburu alien' ini juga digunakan untuk mengurangi setiap ancaman terkait terhadap keselamatan operasi dan keamanan nasional. Ancaman tersebut termasuk anomali, ruang tak dikenal, benda-benda di udara, terendam dan transmedium.

Nantinya, Dewan Eksekutif AARO (AAROEXEC) yang dipimpin oleh Wakil Menteri Pertahanan untuk Intelijen & Keamanan (USD(I&S)) Ronald Moultrie akan memberikan pengawasan dan arahan kepada AARO di dalam beberapa hal utama, yaitu:

1. Pengawasan, Pengumpulan, dan Pelaporan

2. Kemampuan dan Desain Sistem

3. Operasi dan Analisis Intelijen

4. Mitigasi dan Kekalahan

5. Tata Kelola

6. Sains dan Teknologi

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Amerika Serikat menunjukkan ketertarikannya pada kehidupan ekstraterestrial atau alien. Salah satu pemicunya adalah tiga klip video terkenal pada 2017 yang menunjukkan pesawat misterius tanpa sayap terbang dengan kecepatan hipersonik melewati beberapa pilot Angkatan Laut AS.

Angkatan Laut AS secara resmi mengkonfirmasi dan mendeklasifikasi video tersebut pada April 2020, tetapi tidak memberikan penjelasan tentang objek misterius itu.

Pada 2020, Komite Terpilih Senat AS untuk Intelijen menyerukan penyelidikan terhadap UFO atau fenomena udara tak dikenal (UAP) dengan alasan kekhawatiran bahwa tidak ada pendekatan pemerintah terpadu untuk mengumpulkan dan menganalisis laporan penampakan semacam itu.

Kemudian pada Juni 2021, Pentagon merilis laporan tentang lebih dari 140 penampakan UFO yang dilihat pilot angkatan laut, tetapi mereka menyimpulkan tidak ada bukti aktivitas alien dalam kasus ini, seperti dikutip Live Science.

Selain sederet temuan tersebut, sejumlah permintaan dari aksi kebebasan informasi (FOIA) juga telah menghasilkan lebih dari 1.500 halaman materi terkait UFO yang dirilis oleh pemerintah. Beberapa di antaranya memuat laporan UFO yang meninggalkan saksi dengan luka bakar radiasi hingga menyebabkan kehamilan.

Lebih lanjut, pendanaan untuk kantor baru pemburu alien telah disediakan oleh Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional untuk tahun fiskal 2022. Kantor baru akan dijalankan oleh Sean M. Kirkpatrick, kepala ilmuwan di Pusat Intelijen Rudal dan Antariksa Badan Intelijen Pertahanan.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER