Cara Hapus History Video dan Cache Pada TikTok, Apa Manfaatnya?

CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 10:00 WIB
Menghapus history video dan cache pada TikTok mendatangkan sejumlah manfaat. Apa itu? Pengguna bisa menghapus history video dan cache TikTok mereka lewat sejumlah langkah. Foto: AFP/Drew Angerer
Jakarta, CNN Indonesia --

TikTok merupakan media sosial yang paling populer di dunia. Di Indonesia, pengguna Tiktok menurut Routenote mencapai 87,5 juta.

Pengguna biasanya mencari beragam informasi lewat video yang mampir di linimasa mereka. Dalam TikTok, hal tersebut dikenal dengan For Your Page (FYP).

Nah terkadang, ketika sedang menggulirkan video di FYP, pengguna lupa untuk menyimpan video yang menurut mereka menarik. Namun pengguna tetap bisa melihatnya lagi tanpa perlu repot-repot mencari.

Pengguna cukup buka ikon Profile di pojok kanan bawah layar aplikasi TikTok mereka. Kemudian, pilih ikon tiga garis di kanan atas lalu pilih Settings and Privacy.

Di sana, pengguna bisa melihat deretan video yang pernah mereka tonton tujuh hari ke belakang di Watch History. TikTok akan terus melacak video yang pelanggan tonton bahkan ketika fitur Watch History dimatikan.

Namun terkadang, pengguna juga ingin menghapus deretan video yang pernah mereka tonton. Jika ingin melakukannya, pengguna cukup mengklik Clear History > Clear.

Di sisi lain, ada pula pengguna yang ingin menghapus cache TikTok mereka. Secara sederhana, cache adalah sekumpulan data temporer yang disimpan sebuah aplikasi seperti TikTok agar ia tak perlu lagi mengunduh data itu dari situs.

Singkat cerita, cache mempercepat proses loading pada TikTok. Akan tetapi, ada kalanya cache yang terlalu banyak justru memperlambat TikTok itu sendiri.

Melansir Make use Of, pengguna pun bisa menghapus cache dari Tiktok dengan cara membuka halaman profil mereka lalu pilih Settings pada kanan atas.

Pada menu Settings, terus gulir ke bawah sampai pengguna menemukan opsi Free up space di bawah Cache & Cellular Data.

Kemudian, pilih Clear pada sisi kanan kolom Cache. Sebuah peringatan akan muncul setelah itu, namun tetaplah klik Clear jika ingin menghapus cache.

Menghapus Cache memiliki kekurangannya sendiri meski tak signifikan. salah satunya adalah pengguna diharuskan masuk (log in) kembali dan mengalami waktu loading yang lebih lama.

Terlepas dari hal itu, menghapus cache bisa melebarkan kapasitas penyimpanan memori ponsel.

[Gambas:Video CNN]

(lth/lth)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER