Apa yang Terjadi Kalau Mobil Belum Daftar MyPertamina 1 September?

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 08:04 WIB
Masyarakat yang kendaraannya belum terdaftar di MyPertamina tak bisa mengakses pembelian BBM subsidi jenis Pertalite. Masyarakat yang kendaraannya belum terdaftar di MyPertamina tak bisa mengakses pembelian Pertalite. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bakal membatasi pembelian BBM subsidi, Pertalite, sebab itu masyarakat diminta mendaftarkan kendaraannya di aplikasi MyPertamina untuk mendapatkan akses pembelian.

Bila belum mendaftar sampai pembatasan berlaku, konsumen dikatakan tak bisa membeli BBM subsidi di SPBU Pertamina.

Ini berarti pilihan BBM buat pemilik kendaraan yang belum terdaftar adalah BBM nonsubsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo atau Pertamina Dex.

Saat ini harga Pertalite sangat murah, yaitu Rp7.650 per liter, ketimbang jenis nonsubsidi, Pertamax Rp12.500 dan Pertamax Turbo Rp17.900. Harga BBM nonsubsidi terbaru mulai berlaku pada 3 Agustus 2022.

Mendapat akses membeli Pertalite bisa jadi menguntungkan secara ekonomi lantaran lebih terjangkau. Namun pengguna kendaraan mesti memahami tidak semua mesin kendaraan direkomendasikan meneguk Pertalite.

Pengguna kendaraan yang tak terdaftar di MyPertamina secara umum tak bisa memaksa mengisi Pertalite di SPBU sebab untuk melakukannya butuh QR Code.

QR Code ini didapat dari situs subsiditepat.mypertamina.id, tempat registrasi online untuk pembelian Pertalite. QR Code itu mesti ditunjukkan ke operator SPBU untuk pembelian Pertalite.

Bila tak bisa menunjukkan QR Code, pengguna kendaraan dapat menyebutkan pelat nomor yang terdaftar di MyPertamina untuk verifikasi pembelian Pertalite. 

Kendati masyarakat diimbau mendaftar kendaraannya ke MyPertamina, sejauh ini belum ada ketentuan resmi tentang kendaraan mana yang boleh mengisi Pertalite di SPBU.  Saat ini pembatasan belum diberlakukan. Namun dikabarkan mulai diterapkan 1 September 2022.

Ketentuan itu dikatakan bakal muncul di revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 yang disebut selesai pekan depan.

Sejauh ini Pertamina mengungkap sudah 400 ribu kendaraan yang didaftarkan ke MyPertamina.

Meski aturan pembatasan belum resmi, Pertamina, sudah pernah mengungkap usulan jenis kendaraan yang tak boleh mengisi Pertalite, yaitu mobil di atas 1.500 cc dan sepeda motor di atas 250 cc.

Selain itu pernah juga diketahui ada usulan kendaraan dinas pemerintahan, termasuk Polri dan TNI, tak boleh isi Pertalite. Semua kendaraan selain disebutkan di atas bisa diisi Pertalite di SPBU.

(mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER