Rumah Sehat Besutan Anies Trending Topic, Netizen 'Adu Bacot'

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 08:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah 'Rumah Sakit Umum Daerah' (RSUD) menjadi 'Rumah Sehat untuk Jakarta'. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah 'Rumah Sakit Umum Daerah' (RSUD) menjadi 'Rumah Sehat untuk Jakarta'. Hal itu membuat kata Rumat Sehat trending topic di Twitter hingga netizen terbelah.

Perubahan itu dilakukan Anies pada Rabu (3/8). Menurutnya, perubahan ini hanya berlaku bagi rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jakarta.

Anies menilai penjenamaan dilakukan karena selama ini 'rumah sakit' memiliki orientasi pada kuratif dan rehabilitatif.

Atas perubahan nama itu, Rumah Sehat menjadi percakapan yanh tengah ramai dibicarakan di Twitter. Pada Jumat (5/8) pukul 08.00 WIB, kata kunci itu sudah dikicaukan 11 ribu lebih percakapan.

Pantauan CNNIndonesia.com lewat Trends24, platform untuk urutan percakapan di Twitter menempatkan kata kunci 'Rumah Sehat' pada posisi 10 trending di Indonesia.

Atas perubahan nama itu, lantas membuat sejumlah warganet gatal dan banyak berkomentar. Di antaranya akun @djoeni_djoeni.

Ada pula warganet yang mengusulkan untuk tidak menggunakan rumah sehat, agar terlihat lebih sebanding dengan istilah dalam bahasa Inggris.

"Usul, jgn rumah sehat tapi rumah hatpital (sehat pisik dan mental) biar mirip bhs inggris hospital," ujar @Iqrypto.

Di samping itu akun @kholismuh mengatakan penggantian istilah rumah sakit itu akan membuat warga Jakarta bingung, lantaran rumah sakit adalah istilah baku yang ada di KBBI berbeda dengan rumah sehat.

"Orang jakarta besok besok bingung, karna yang baku rumah sakit menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia) KBBI," tuturnya.

Di sisi sebrang, ada sejumlah warganet yang mendukung diubahnya penyebutan rumah sakit menjadi rumah sehat ini. Akun @esguci.

Sedangkan pemilik akun @zainal mengatakan "Memang di dalam tubuh yang sakit, terdapat jiwa yg sakit. Orang sakit cenderung sensi, baperan, gampang tersinggung. Baguslah kalau jadi rumah sehat. Salam sehat."

Ada pula warganet yang menilai perubahan ini membuat sejumlah warganet heboh. Padahal rumah sehat tak ubahnya sebagai kepanjangan dari Pusat Kesehatan Masyarakat atau disingkat Puskesmas.



(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER