Indosat Buat Program Konservasi Penyu di Jembrana

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 05:15 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menggandeng KKP meluncurkan program konservasi laut di Kabupaten Jembrana, Bali pada Kamis (4/8). Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta, CNN Indonesia --

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program konservasi laut di Kabupaten Jembrana, Bali pada Kamis (4/8).

Program Corporate Social Responsibility (CSR)ini disebut memiliki 4 pilar utama, yakni rehabilitasi habitat laut, pengelolaan sampah plastik di daerah pesisir, penguatan komunitas konservasi penyu, dan penguatan masyarakat di lingkungan sekitar.

"Melalui program CSR Konservasi Laut di Jembrana, kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam menciptakan kawasan konservasi laut yang lebih sehat dengan dukungan penuh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta berbagai komunitas pegiat lingkungan," ujar Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison dalam sambutannya di Konservasi Penyu "KurmaAsih", Desa Perancak, Jembrana, Bali, Kamis (4/8).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono mengatakan program yang tengah diluncurkan ini sejalan dengan program Bulan Cinta Laut dari Kementeriannya.

"Pengelolaan sampah plastik di daerah pesisir yang ada di program konservasi laut ini, sejalan dengan program BCL-nya KKP. Semakin banyak yang terlibat, tentu persoalan sampah semakin cepat kita tuntaskan," tuturnya.

"Konservasi yang berkualitas tidak saja akan menjaga kesehatan laut dan menyerap karbon namun juga menjaga biota laut dari kepunahan," tambahnya.

Lebih lanjut, kawasan Jembrana dipilih karena memiliki potensi menjadi kawasan konservasi seluas 3.500 hektar yang memiliki target nilai konservasi tinggi untuk biota laut yang terancam punah seperti penyu dan hiu; habitat penting lautan seperti bakau, lamun dan terumbu karang; potensi perikanan seperti lemuru dan ikan karang; serta tempat budidaya ikan dan udang serta ekowisata bahari.

Selain itu, Jembrana merupakan 1 dari 14 prioritas pantai lokasi peneluran penyu di Indonesia.

Khusus di Pantai Perancak yang menjadi tempat peluncuran program konservasi laut IOH terdapat dua jenis penyu yang kerap bertelur disini, yaitu Penyu Sisik dan Penyu Lekang.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER