Guyon Foto Bintang Pakai Gambar Sosis, Ilmuwan Prancis Minta Maaf

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 18:57 WIB
Seorang ilmuwan Prancis meminta maaf usai mengunggah gambar potongan sosis dan mengklaimnya sebagai gambar bintang yang diambil oleh Teleskop James Webb. Ilmuwan Prancis mengklaim foto close-up sosis sebagai hasil tangkapan teleskop James Webb. (Northrop Grumman/NASA via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang ilmuwan Prancis meminta maaf usai mengunggah foto sepotong chorizo, sosis berbahan daging babi asal Semenanjung Iberia, dan mengklaimnya sebagai gambar bintang yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST).

Etienne Klein, seorang fisikawan dan direktur di Komisi Energi Alternatif dan Energi Atom Prancis, sambil berbagi gambar sosis pedas Spanyol di Twitter, pekan lalu, dan memuji "tingkat detail"-nya.

"Gambar Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari, terletak 4,2 tahun cahaya dari kita. Itu diambil oleh JWST. Tingkat detail ini... Sebuah dunia baru terungkap setiap hari," kata dia, yang memiliki 91 ribu pengikut itu, Minggu (31/7).

Unggahan itu di-retweet dan dikomentari oleh ribuan pengguna, yang banyak di antaranya mengamini perkataan ilmuwan tersebut.

Dalam rangkaian kicauan beberapa hari kemudian, Klein kemudian mengakui bahwa gambar itu sebenarnya adalah potongan chorizo yang diambil dari dekat dengan latar belakang hitam.

"Ya, saat jam koktail, bias kognitif tampaknya menemukan banyak hal untuk dinikmati... Waspadalah. Menurut kosmologi kontemporer, tidak ada objek yang berhubungan dengan charcuterie Spanyol yang ada di tempat lain selain di Bumi," kicaunya.

Hal itu kemudian mendapat reaksi keras dari anggota komunitas online.

Klein kemudian menyampaikan, "Mengingat komentar tertentu, saya merasa berkewajiban untuk menyatakan bahwa tweet ini yang menampilkan gambar yang diduga Proxima Centauri adalah lelucon."

"Mari kita belajar untuk waspada terhadap lelucon tersebut. argumen dari posisi otoritas sebanyak kefasihan spontan gambar tertentu."

Pada Rabu (3/2), Klein pun meminta maaf atas lelucon itu sambil mengatakan niatnya saat itu adalah "untuk mendesak kehati-hatian mengenai gambar yang tampaknya berbicara sendiri."

Klein pun mengunggah gambar galaksi Cartwheel yang spektakuler dan meyakinkan pengikutnya bahwa kali ini foto tersebut asli.

Teleskop James Webb merupakan teleskop ruang angkasa paling kuat yang pernah diluncurkan ke luar angkasa, dan secara resmi memulai operasi ilmiahnya pada 12 Juli.

Wahana ini mampu mengintip ke dalam atmosfer planet ekstrasurya dan mengamati beberapa galaksi generasi pertama yang tercipta setelah Big Bang lewat penglihatan inframerahnya yang tidak tertangkap oleh mata manusia.

(tim/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER