Putaran Duit di Pameran Kendaraan Listrik Moeldoko Tembus Rp257 Miliar

fea | CNN Indonesia
Senin, 08 Agu 2022 08:45 WIB
Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diinisiasi Moeldoko dikatakan mencapai nilai transaksi Rp257 miliar dan didatangi setidaknya 45.372 pengunjung. Suasana Pameran kendaraan listrik, Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) 2022 di Jakarta, Jumat, 22 Juli 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang diinisiasi Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan dan Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), mencatat nilai transaksi terlapor Rp257 miliar selama 10 hari pameran.

Dyandra Promosindo, penyelenggara pameran, juga menjelaskan acara yang digelar 22-31 Juli di JIExpo Kemayoran, Jakarta, itu didatangi setidaknya 45.372 pengunjung.

Moeldoko mengatakan PEVS tak sekadar kepentingan asosiasi, penyelenggara atau peserta pameran. Kata dia acara ini buat kepentingan bangsa.

"Tapi lebih besar dari itu, PEVS sebagai pemicu dan pemacu perkembangan Electric Vehicle (EV) untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan bangsa, mulai dari ekosistem industri yang siap bersaing di negeri sendiri dan wujud nyata menyukseskan Perpres no. 55 tahun 2019 menuju Indonesia Net Zero Emission pada tahun 2060," kata Moeldoko dalam siaran resminya, Jumat (5/8).

PEVS bukan cuma didesain menjadi tempat unjuk diri pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia. Acara ini juga tempat kegiatan Business to Consumer (B2C), Business to Business (B2B) dan Business to Government (B2G).

Kesepakatan bisnis banyak terjadi di PEVS, misalnya penandatanganan nota kesepahaman PLN dengan Damri dan Tri Energy Berkarya (TEB), Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan TransJakarta, serta Smooth dengan ABC Lithium.

Pematuk pembuatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dimulai dari tanda tangan Presiden Joko Widodo pada Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Kemudian pemerintah berkomitmen mencapai netralitas karbon atau Net Zero Emission pada 2060 atau lebih awal. Berdasarkan peta jalan untuk target itu, penjualan motor listrik konvensional dihentikan pada 2040 sedangkan mobil konvensional pada 2050.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER