Nekat Air Wiper Pakai Cairan Sampo Bisa Bikin Baret Kaca Depan

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 05:40 WIB
Cairan sampo menyimpan kandungan zat yang dapat menimbulkan masalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper. Cairan sampo menyimpan kandungan zat yang dapat menimbulkan masalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper. (Foto: dok. Auto2000)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pemilik mobil masih ada yang nekat menggunakan cairan sampo sebagai air wiper. Sebaiknya jangan lakukan cara itu, sebab berefek buruk pada kaca depan mobil.

Dalam rubrik tips otomotif kali ini akan membahas air wiper. Air wiper menggunakan cairan sampo tidak direkomendasikan, karena dikhawatirkan sampo yang memiliki bahan deterjen atau pembersih yang tidak sesuai untuk dipakai pada kaca mobil.

Cairan sampo menyimpan kandungan zat yang dapat menimbulkan masalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper.

Efek negatif yang terjadi di antaranya adalah baret di kaca mobil lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan sampo yang disapu wiper. Dan munculnya efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat tertinggalnya cairan sampo yang akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Bagian kaca mobil yang tidak terkena sapuan wiper bakal timbul bercak bekas sampo sebagai awal terbentuknya water spot atau jamur kaca. Termasuk, cairan sampo menggumpal di dalam tabung atau selang sehingga membuat saluran mampat.

Air pembersih kaca khusus

Auto2000 menyarankan solusi pengganti sampo untuk pembersih kaca mobil dengan cairan khusus. Tidak perlu repot, cukup tuangkan 1 botol wiper fluid ini tanpa perlu dicampur dengan air.

Cairan khusus wiper memiliki beberapa keuntungan, yaitu maximum driving visibility untuk kejernihan kaca depan mobil yang maksimal,incredible cleansing power dengan kemampuan formula pembersih ekstrem sekali sapuan, dan anti-scratch atau anti-gores untuk tetap menjaga kaca mobil tetap bening.

Untuk diingat tabung penampung air usahakan jangan sampai kosong untuk menjaga keselamatan berkendara. Oleh sebab itu, sempatkan lah mengecek tabung penampung air wiper setidaknya seminggu sekali.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER