3 Alami Luka Bakar Usai Insiden di Pusat Data AS, Pemicu Google Down?

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 10:51 WIB
Insiden listrik di data center Iowa, AS, menyebabkan tiga orang mengalami luka bakar serius. Inikah yang memicu Google down di banyak negara? Ilustrasi. Pusat data Google di Iowa dikabarkan terbakar. (Foto: Nyshita talluri/Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga orang mengalami luka bakar serius setelah "insiden kelistrikan" di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, AS. Apakah ini yang memicu Google down pagi ini?

Dikutip dari koran lokal di Iowa, Omaha World-Herald, tiga korban dibawa ke Pusat Medis Nebraska.

Jim Wood, asisten kepala Departemen Pemadam Kebakaran Council Bluffs, mengatakan dua orang dibawa dengan ambulans, sementara satu orang dengan luka kritis dibawa dengan helikopter. Semua pasien terjaga dan berbicara setelah kejadian itu.

Menurut Wood, pihaknya mengirim tim ke pusat data pada pukul 11:59 waktu setempat untuk melaporkan "insiden listrik" di kompleks itu. Pemindai lalu lintas, katanya, menunjukkan bahwa ada laporan awal tentang "ledakan besar".

Namun, Wood tidak mengonfirmasinya secara spesifik. "Itu pasti semacam masalah listrik," ujarnya.

Kompleks Google, yang terletak di dekat Taman Negara Bagian Danau Manawa, adalah salah satu pusat data terbesar perusahaan. Kompleks ini adalah markas bagi ratusan superkomputer berteknologi tinggi yang digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi dalam jumlah besar.

Seorang juru bicara Google Devon Smiley, kepada televisi lokal di Iowa KETV, dan situs berita SFGate, membenarkan insiden itu. Namun, ia belum menjelaskan kaitannya dengan isu Google down sedunia hari ini.

"Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi hari ini di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, melukai tiga orang di lokasi yang sekarang sedang dirawat," sebut pernyataan itu.

"Kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan," lanjutnya.

Sebelumnya, berdasarkan situs Downdetector, Google dan Google Maps mengalami gangguan di puluhan negara, Selasa (9/8).

Google mulai dikeluhkan warga RI mulai pukul 08.09 WIB. Puncaknya terjadi pada 08.44 WIB dengan 309 laporan. Setelah itu, laporan menurun meski masih ada 13 keluhan per pukul 10.24 WIB.

Laporan terbanyak mengenai pencarian (67 persen) dan situs web (33 persen).

Dari AS, laporan mulai muncul pukul 07.55 WIB dengan 6 laporan. Puncaknya mencapai 43.456 laporan pada pukul 08.37 WIB. Sesudah itu, laporan menurun tajam hingga tinggal 12 pada pukul 10.22 WIB.

Masalah terbanyak yang dilaporkan adalah pencarian (81 persen), situs (18 persen), dan login (1 persen).

Senada, Google Maps mulai ada laporan down di AS pada pukul 07.44 WIB. Puncaknya mencapai 892 laporan pada 08.40 WIB. Pada 10.25 WIB, laporan tinggal 7. Laporan kebanyakan mengeluhkan website (49 persen), aplikasi (43 persen), dan masalah arah (7 persen).

(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER