Survei Google Indonesia Bongkar Konten Paling Dinanti di GIIAS 2022

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 20:20 WIB
Google mengungkap survei tentang apa saja yang ingin diketahui masyarakat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Google mengungkap survei tentang apa saja yang ingin diketahui masyarakat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google merilis survei mengenai apa yang diminati masyarakat dari sebuah pagelaran pameran otomotif nasional seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dalam survei itu, 44 persen responden dikatakan lebih meminati informasi mengenai produk baru, lalu 19 persen terkait promo, 18 persen soal produk facelift dan fitur, sementara 17 persen mengenai kendaraan listrik, serta 11 persen terkait test drive.

Survei ini dilakukan Google pada Juli 2022 dengan jumlah responden sebanyak 1.218 orang berusia mulai dari 18 tahun hingga 55 tahun.

Dari ribuan responden ini 60 persen berasal dari Jawa dan sisanya dari luar Pulau Jawa. Kemudian 60 persen adalah pria dan 40 persen wanita.

"Jadi survei Pelanggan Google pada bulan Juli mengungkapkan bahwa 44 persen responden menantikan peluncuran produk di GIIAS," kata Industri Analis Otomotif Google Indonesia Karlina Ayuningtyas secara daring, Selasa (9/8).

Menurut Karlina hasil survei mengatakan responden kerap memanfaatkan situs Youtube dalam menggali informasi mengenai pameran, mulai dari periode sebelum, masih berlangsung, hingga pasca pameran.

Kata dia 25 persen akan menggunakan platform ini untuk membandingkan produk yang dipamerkan di GIIAS, 25 persen untuk mencari ulasan produk, 19 persen untuk menonton vlog influencer, 18 persen ingin melihat video uji coba berkendara, dan 13 persen ingin menonton konten dari GIIAS melalui Youtube.

Sementara itu Karlina mengatakan penggalian informasi jelang pameran juga mulai terasa sejak satu bulan sebelum berlangsungnya acara.

Pencarian mobil di Google naik

Karlina melanjutkan seiring dibukanya pembatasan oleh pemerintah akibat situasi pandemi terkini, hal tersebut membuat minat masyarakat atas mobil baru meningkat.

Karlina menjelaskan ada kenaikan sebesar 64 persen dari pengguna Google terkait mobil tahun ini dibandingkan dengan 2021.

Kemudian, Karlina menyampaikan MPV masih menjadi model mobil paling dicari lewat Google seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Wuling Confero, Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Toyota Innova, dan Daihatsu Sigra.

Kemudian posisi dua paling banyak dicari meliputi hatchback, antaranya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, Honda Jazz, Toyota Yaris, Nissan March, dan Suzuki Karimun.

"Lalu ada juga masyarakat yang mencari soal SUV dan sedan," kata Karlina.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER