Bosscha Sesalkan Gambaran di Pengabdi Setan 2: Beri Kesan Tak Benar

CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 20:10 WIB
Observatorium Bosscha menyebut gambar di salah satu adegan film Pengabdi Setan 2 yang memberi kesan tidak benar pada fasilitas penelitian ini. Observatorium Bosscha sesalkan gambaran di Pengabdi Setan 2. (Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Observatorium Bosscha menyesalkan gambar di salah satu adegan film Pengabdi Setan 2 yang memberi kesan tidak benar pada fasilitas penelitian ini.

Sebelumnya, bangunan mirip observatorium Bosscha menjadi latar awal cerita film horror besutan Sutradara Joko Anwar itu. Saat itu, seorang jurnalis bernama Budiman menemukan sejumlah mayat korban penembakan misterius.

Menanggapi adegan tersebut, observatorium Bosscha menyebut pihaknya sama sekali tidak terlibat dalam produksi film tersebut.

[Gambas:Instagram]

"Observatorium Bosscha sama sekali tidak terlibat dalam produksi film bernuansa horror yang tengah beredar," tulis akun Instagram resmi fasilitas penelitian yang berada di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini.

"Kami amat menyesalkan pemunculan gambar yang dengan segera orang kenali sebagai ikon Observatorium Bosscha yang memberi kesan tidak benar tentang Observatorium Bosscha," imbuhnya.

Munculnya Bosscha dalam film Pengabdi Setan 2 pun memicu komentar netizen yang merasa masa kecilnya 'dirusak'. Sebab, gambaran fasilitas peneropongan bintang ini jauh beda dengan gambaran menyenangkan di film Petualangan Sherina (2000).

"Kenapa boscha ya... Apa bang @jokoanwar sengaja licik kayak "heuheuheu let me ruin everybody's childhood " y'all we went from two innocent kids going on an adventure to literally bloody poci gang worshipping mother witch," ujar akun @neurodazzling dalam sebuah cuitan pada Selasa (9/8).

"Memori menyenangkanku tentang Boscha dari Petualangan Sherina hancur lebur di scene awal Pengabdi Setan 2," kata akun @irweneee.

Sementara itu, akun @RamdanUjang menyoroti kualitas citra grafis komputer (CGI) Bosscha yang kurang asli.

"Hal yg cukup menggangu di Pengabdi Setan 2: Communion yaitu CGI-nya. Gedung2 tua (termasuk Boscha) kelihatan 'palsu'. Apakah pengaruh Sky Media? Kalau iya, dr dulu emg kurang sreg dgn CGI dr Sky Media/ Screenplay Films," kicaunya.

Sosok utama di balik film Pengabdi Setan 2, Joko Anwar, beberapa waktu lalu melontarkan cuitan di akun Twitter pribadinya sambil melampirkan gambar observatorium Bosscha.

"4-17," tulisnya pada Minggu (7/8).

Cuitan tersebut tidak diketahui pasti apa maknanya, tetapi sejumlah netizen menduga angka itu merepresentasikan ayat di kitab suci.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER