GIIAS 2022

Spesifikasi dan Kisaran Harga Mobil Listrik Ayla EV

CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 17:40 WIB
Mobil listrik Daihatsu Ayla EV masih dalam pengembangan dan belum bisa diumumkan kapan diproduksi. Mobil listrik Ayla EV merupakan mobil listrik konsep Daihatsu yang muncul perdana di GIIAS 2022. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV menggemparkan lantai pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung hingga Minggu (21/8).

Ayla EV merupakan konversi dari produk Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu dan menjadi mobil termurah di Indonesia dijual mulai Rp110 juta.

Sri Agung Handayani, Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director ADM mengatakan Ayla EV masih dalam tahap pengembangan internal. Perusahaan belum bisa menjelaskan peluncuran Ayla EV termasuk apakah ada nama khusus untuk calon mobil listrik termurah Daihatsu di Indonesia.

Menurut Agung, Ayla EV dibangun menggunakan varian bermesin 1.200 cc transmisi manual, hanya saja ada perubahan pada desain bodi yang unik. Pengembangannya masih dalam tahap awal.

"Jadi fokus kami bagaimana penyelesaian study," kata Agung di ICE BSD, Tangerang.

Bodi Ayla EV dilabur warna satine silver, dan ada aksen electric yellow yang merepresentasikan kendaraan listrik. Kaca spion kiri dan kanan menggunakan layar digital.

Peleknya menggunakan alloy wheel 17 inci.

Masuk ke interiornya, bisa dilihat desain kursi baru dan Panel Speedometer TFT 7-inci.

Daihatsu Ayla EV menggunakan motor listrik berdaya 60 kW. Motor listrik itu dihubungkan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 32 kWh. Insinyur-insinyur Daihatsu melakukan pengembangan pada bagian dan part tertentu seperti drivetrain, battery, under body, dan suspension.

Harga Ayla EV

CNNIndonesia.com mendapatkan informasi dari tenaga penjual Daihatsu yang mengatakan harga perkiraan Ayla EV sekitar Rp250 juta sampai dengan Rp300 juta.

"Katanya segitu harganya. Tapi sekarang kan hanya pamerkan saja ke konsumen. Mungkin tes pasar," kata tenaga penjual tersebut, Kamis (18/8).

Sementara itu Hendrayadi Lastiyoso, Marketing Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation mengatakan masih terlalu dini membahas harga Ayla EV, sebab masih dalam tahap pengembangan.

"Ini baru studi teknikal, belum sampai ke harga dan lainnya," ucap Hendrayadi.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER