Cara Baca Pesan di Whatsapp Tanpa Ketahuan Pengirim

CNN Indonesia
Rabu, 24 Agu 2022 17:23 WIB
Beberapa pengguna Whatsapp terkadang ingin membaca pesan yang dikirimkan tanpa perlu diketahui. Bagaimana caranya? Ilustrasi Whatsapp. Whatsapp menyediakan beberapa fitur yang membuat penggunanya bisa membaca pesan tanpa diketahui. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia --

Arus pesan yang cepat di Whatsapp kerap membuat sejumlah orang tidak sempat membalas pesan, terlebih saat mereka tengah beraktivitas. Meski tidak sempat membalas, sejumlah pengguna kerap ingin mengetahui apa pesan yang dikirimkan kepadanya.

Aplikasi pesan instan Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, baik untuk kebutuhan pribadi maupun profesional. Secara global aplikasi yang berada di bawah raksasa Meta ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Dalam aplikasi Whatsapp, pengguna dapat membaca pesan lewat beberapa cara, yakni pada ruang obrolan di aplikasi, pop up notification, dan pada widget yang ada di perangkat ponsel pintar.

Whatsapp sendiri memiliki mekanisme yang memberitahukan sebuah chat telah dibaca penerima, yaitu tanda dua centang berwarna biru.

Dua centang ini sebelumnya berwarna abu-abu yang berarti pesan baru terkirim dan belum dibaca oleh penerima. Jika pesan sudah dibaca, maka tanda centang akan berubah menjadi biru.

Meski demikian, tanda centang biru ini dapat dimatikan oleh pengguna agar lawan bicaranya tidak dapat mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum.

Namun cara ini akan membuat hal serupa terjadi pada pesan yang dikirim. Anda tidak dapat mengetahui apakah pesan yang Anda kirimkan ke orang lain sudah dibaca atau belum.

Berikut cara untuk mematikan tanda centang biru:

1. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel

2. Klik opsi titik 3 di bagian kanan atas, lalu pilih Settings

3. Pilih Account, lalu pilih Privacy

4. Matikan bagian Read receipts

Selain mematikan Read receipts atau tanda centang biru, ada beberapa cara lain untuk membaca pesan Whatsapp tanpa diketahui pengirim, yakni dengan membaca lewat pop up notification dan lewat widget di ponsel.

Sayangnya, kedua metode tersebut agak sedikit terbatas karena pengguna tak dapat membaca pesan teks yang terlalu panjang.

Lebih lanjut, cara lain yang dapat digunakan pengguna untuk membaca pesan Whatsapp tanpa diketahui pengirim adalah dengan mematikan terlebih dahulu jaringan internet di ponsel.

Jika jaringan internet dimatikan dan pengguna membaca pesan Whatsapp, maka informasi pesan telah dibaca tidak akan sampai ke pengirim. Itu adalah cara aman untuk membaca pesan Whatsapp tanpa ketahuan pengirim.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER