Sehari Jelang ASO Jakarta, Warga Tak Khawatir Program TV Digital

CNN Indonesia
Rabu, 24 Agu 2022 21:00 WIB
Program suntik mati siaran TV analog di wilayah Jakarta akan berlangsung besok, Kamis (25/8). ASO TV Analog di wilayah Jakarta akan berlangsung besok, Kamis (25/8). (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) di wilayah Jakarta akan berlangsung besok, Kamis (25/8).

Program suntik mati TV analog yang dilaksanakan pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika ini dimulai pada 30 April 2022 dengan total 8 kota dan kabupaten.

Sebelumnya, program ASO dibagi dalam 3 tahapan yang tahap terakhirnya direncanakan berlangsung 2 November 2022. Namun, kini tahapan tersebut diubah menjadi Multiple ASO di mana program suntik mati TV digital akan dilangsungkan di wilayah yang sudah siap.

Pada 25 Agustus, provinsi Jakarta akan menjadi wilayah berikutnya yang melaksanakan ASO.

Sejumlah warga memberikan tanggapan yang beragam atas pelaksanaan ASO di Jakarta, namun sejumlah warga mengatakan tidak terlalu khawatir dengan program ASO.

Salah satu warga yang merasakan hal itu adalah Haikal (23), seorang karyawan Swasta yang tinggal di Jakarta Selatan. Menurutnya, program ASO tidak terlalu berpengaruh karena dirinya jarang menonton TV.

"Enggapapa jarang nonton juga," katanya saat ditanya pendapatnya mengenai ASO di Jakarta besok.

Senada, Nuri (29) yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan menyebut program ASO tak terlalu berpengaruh kepadanya karena ia sudah mendapatkan informasi yang cukup dari media sosial.

"Tidak berpengaruh terlalu banyak pada kelangsungan kehidupan karena semua informasi telah didapat dari sosial media. Waktu menonton televisi sudah tergantikan dengan platform film online, dan akses berita bisa didapat dari portal berita online," tuturnya.

Sedikit berbeda, Ryan (27), seorang karyawan Swasta menyebut program ASO sudah tepat karena dapat memberikan tontonan yang lebih berkualitas.

"Menurut saya sih sudah tepat karena karena masyarakat bisa adaptif dan menerima tontonan yang lebih berkualitas juga dari sisi gambar dan channel. Sosialisasi juga sudah dijalankan sejak lama," tuturnya.

Meski demikian, Ryan menyebut dirinya baru tahu jika ASO di Jakarta akan dilaksanakan besok.

[Gambas:Video CNN]



(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER