Cara Melacak Hp Hilang dengan IMEI

tim | CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 08:00 WIB
Hp yang hilang memang bikin kesal, tapi jangan khawatir karena ada sejumlah cara melacak hp hilang. Berikut langkah melacak hp yang hilang dengan IMEI. Ilustrasi melacak hp yang hilang dengan IMEI (Foto: iStock/gorodenkoff)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hp yang hilang memang bikin kesal, tapi jangan khawatir karena ada sejumlah cara melacak hp hilang. Anda bisa menggunakan email atau akun Google, WhatsApp, nomor hp, atau IMEI.

Apa itu IMEI? IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor seri unik untuk setiap hp. Umumnya, nomor tersebut terdiri atas 14 hingga 16 angka. Satu ponsel bisa memiliki dua IMEI, hal itu tergantung dari jumlah slot kartu SIM yang tersedia.

Fungsi IMEI sangat penting bagi pengguna, salah satunya untuk mencari perangkat yang hilang. Cara melacak hp hilang dengan IMEI pun cukup mudah. Anda hanya perlu beberapa langkah.

Nomor IMEI ini terdapat di ponsel dan tablet dengan sistem operasi android maupun iOS. Dalam rangkaian nomor tersebut terdapat informasi soal perangkat lunak yang digunakan hp, yang disebut International Mobile Station Equipment Identity Software Version atau IMEISV.

Format IMEI biasanya AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B adalah TAC atau Type Allocation Code. TAC akan menunjukkan negara pembuatan model dan hp.

Penggunaan nomor IMEI di Indonesia sudah diberlakukan sejak 18 April 2020, seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 1 Tahun 2022 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui IMEI.

Tujuan diberlakukannya IMEI untuk menyetop peredaran smartphone ilegal dari jalur black market atau pasar gelap. Pengguna pun akan mendapatkan perlindungan penggunaan perangkat.

Dengan demikian, ketika tidak memiliki nomor IMEI dan tidak terdaftar di database pemerintah, perangkat akan otomatis terblokir untuk mengakses internet.

Fungsi IMEI lainnya adalah untuk mengetahui garansi. Dengan nomor yang ada, Anda dapat mengecek apakah perangkat baru atau bekas serta melihat masa garansi yang ada.

Selain itu, dengan nomor tersebut, Anda dapat mengecek spesifikasi ponsel mulai dari informasi dasar seperti tahun dibuat, model hp, RAM, baterai, CPU hingga sistem operasi yang digunakan.

Untuk mengetahuinya, Anda hanya perlu memasukkan nomor IMEI perangkat ke imei.info.

Cara Melacak Hp Hilang dengan IMEI

Warga mengecek nomor indentitas asli ponsel (IMEI) di Jakarta, Kamis (20/8/2020). Menurut Kementerian Perindustrian, implementasi pemblokiran nomor indentitas asli ponsel (IMEI) ilegal akan berlaku pada 24 Agustus mendatang. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.Ilustrasi cara melacak hp yang hilang dengan IMEI (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Berikut langkah untuk melacak hp yang hilang dengan IMEI.

1. Ketahui nomor IMEI

Sebelum masuk ke cara melacak hp hilang dengan IMEI, Anda perlu mengetahui nomornya terlebih dahulu.

Cara mengetahui nomor IMEI di hp bisa dengan dua cara. Pertama, melihatnya di Pengaturan > Tentang Ponsel. Kedua, melihat stiker IMEI yang biasanya ada di bagian belakang ponsel.

Namun, jika belum menyimpan data nomor di penyedia penyimpanan data daring, flash disk, maupun perangkat lain sebelum hp hilang, Anda dapat mengecek IMEI di kardus perangkat. Letaknya biasanya di bagian samping boks tersebut.

2. Mengurus surat keterangan hilang kepada polisi

Mengurus surat keterangan hilang tidaklah ribet. Anda hanya perlu mendatangi kantor polisi terdekat. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke bagian yang mengurus surat tersebut.

Kelak Anda akan diminta keterangan data diri serta waktu dan kronologi hp hilang. Surat pun akan langsung dibuat oleh pihak terkait.

3. Mendatangi gerai operator

Setelah surat kehilangan didapatkan, segera datangi gerai operator penyedia jaringan.

Di sana, Anda cukup memberikan nomor IMEI serta nomor hp kepada operator. Setelah diproses, pihaknya akan memberitahu keberadaan ponsel Anda yang hilang. Jika lokasi perangkat sudah ditemukan, Anda dapat melakukan penanganan lebih lanjut.

Dari kejadian kehilangan atau pencurian perangkat yang pernah dialami, Anda dapat menyimpan nomor IMEI di penyedia penyimpanan data daring.

Dengan begitu, ketika hp hilang lagi, Anda bisa mendapatkan nomor IMEI tanpa harus ke rumah untuk mengecek nomor yang ada di kardus perangkat.

Demikian cara melacak hp hilang dengan IMEI yang bisa Anda lakukan. Agar perangkat tidak disalahgunakan, Anda dapat menggunakan layanan blokir hp atau hapus data yang ada di perangkat dengan akun Gmail.

(nfl/juh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER