Hiu Misterius Ditemukan Punya Mata Lebar dan Senyum Seperti Manusia

CNN Indonesia
Senin, 26 Sep 2022 10:01 WIB
Seekor ikan hiu misterius ditemukan di pantai Australia. Hiu misterius ditemukan di pantai Australia. Foto: Trapman Bermagui
Jakarta, CNN Indonesia --

Seekor hiu misterius ditemukan di laut dalam pantai Australia. Yang membuat ngeri, hiu itu punya mata besar dengan bibir tersenyum seperti manusia.

Melansir Live Science, para ahli hiu pun belum bisa memastikan spesies hiu misterius tersebut. Hiu itu pertama kali ditemukan oleh pria dengan nama online Trapman Bermagui.

Ia memancing hiu itu dari kedalaman 650 meter di lepas pantai New South Wales, Australia. Bermagui lalu membagikan foto hiu tersebut lewat halaman Facebook.

Lihat Juga :

Dalam foto tersebut, hiu tangkapan Bermagui terlihat punya kulit berwarna hitam dengan tekstur seperti kertas, moncong yang besar dan mata yang lebar.

Unggahan Bermagui itu memancing reaksi pengguna Facebook lainnya. Ada yang menyebut makhluk tersebut sebagai mimpi buruk, namun ada pula yang bergurau menyebut hiu itu memakai gigi palsu.

Di saat bersamaan, ada pula yang mencoba menebak-nebak jenis spesies hiu tersebut. Mereka menduga hiu itu masuk ke dalam jenis hiu pemotong kue (Isistius brasiliensis).

Hiu pemotong kue biasanya mencomot bagian daging ikan lain yang berukuran lebih besar. Ada pula yang menduga hiu itu masuk spesies hiu goblin (Mitsukurina owstoni, atau hiu lentera (Etmopteridae).

Akan tetapi, Bermagui tidak sepakat dengan tebak-tebakan itu. Menurutnya, hiu itu justru berjenis hiu anjing. "Bukan hiu pemotong kue. Hiu ini punya kulit kasar, yang juga bisa masuk ke dalam spesies hiu anjing," kata Bermagui di Facebook, mengutip Newsweek.

"Hiu-hiu anjing itu biasa ditemukan di kedalaman lebih dari 600 meter. Kami menangkapnya di musim dingin," katanya menambahkan.

Namun demikian, para ahli tak lantas sepakat dengan Bermagui. Menurut Christopher Lowe, direktur Shark Lab di California State University, hiu temuan Bermagui masuk ke dalam spesies hiu layang-layang.

"Buat saya terlihat seperti hiu layang-layang di laut dalam (Dalatias licha), yang biasa dikenal di perairan Australia.

Lowe mengatakan, bisa saja hiu temuan Bermagui memang masuk ke dalam spesies baru. Menurutnya, sudah hal lumrah para ahli menemukan spesies baru di laut dalam.

"Kami menemukan spesies baru dari hiu laut dalam setiap waktu dan banyak yang terlihat mirip satu sama lain," kata Lowe.

Di sisi lain, beberapa ahli justru sepakat dengan Bermagui. Brit Finucci, ilmuwan ikan dari National Institute of Water and Atmospheric Research di New Zealand merasa, hiu bermata belo ini adalah hiu gulper.

[Gambas:Video CNN]

(lth/lth)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER