Cara Menghapus Akun Gmail di Hp dan Laptop dengan Mudah

tim | CNN Indonesia
Minggu, 02 Okt 2022 08:00 WIB
Cara menghapus akun Gmail sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun pastikan Anda telah memindahkan data-data penting sebelum hapus akun Gmail. Ilustrasi. Cara menghapus akun Gmail sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun pastikan Anda telah memindahkan data-data penting sebelum hapus akun Gmail. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna akun Gmail mungkin perlu menghapus akun karena alasan tertentu. Misalnya, akun telanjur diretas, pindah kerja, ingin mengganti ke akun baru, dan lainnya.

Cara menghapus akun Gmail mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun untuk akun Gmail yang dibuat kantor, sekolah, atau grup lainnya, sebaiknya pengguna menghubungi administrator yang berwenang untuk menghapus akun Gmail.

Sebelum menghapus akun Gmail, pengguna perlu tahu bahwa penghapusan akun tidak akan menghapus seluruh akun Google yang Anda miliki. Artinya, hanya akun Gmail-nya yang dipilih saja yang akan terhapus.

Selanjutnya, saat akun Gmail terhapus maka email dan setelan email juga akan dihapus. Pengguna tidak dapat lagi menggunakan alamat akun Gmail untuk mengirim dan menerima email.

Namun, jika pengguna berubah pikiran, email dari akun Gmail yang sudah telanjur dihapus bisa dipulihkan dan dipakai kembali.

Selain itu, perlu diketahui bahwa alamat akun Gmail pengguna yang sudah dihapus tidak bisa digunakan oleh orang lain di masa mendatang.


Cara Menghapus Akun Gmail

Sebelum menghapus akun Gmail, sebaiknya pengguna mengunduh data-data penting yang masuk ke alamat akun Gmail terlebih dahulu.

Barangkali data-data itu diperlukan pada masa mendatang. Perlu diketahui, langkah-langkah ini merupakan cara menghapus akun Gmail hapus akun Gmail permanen.

Penghapusan akun bisa dilakukan di hp maupun laptop. Pengguna bisa memilih salah satu perangkat tersebut.

Melansir situs resmi Google, berikut cara menghapus akun Gmail.

  1. Buka akun Google Anda
  2. Klik 'Data & Privasi'
  3. Klik 'Data dari aplikasi dan layanan yang Anda gunakan'
  4. Klik 'Hapus layanan Google'
  5. Klik emoji tempat sampah untuk menghapus
  6. Masukkan alamat email yang sudah ada untuk login dan klik 'Kirim email verifikasi'. Email ini tidak boleh berupa alamat Gmail
  7. Verifikasi alamat email yang sudah ada di layanan email baru
  8. Alamat Gmail akan terhapus jika sudah verifikasi alamat email baru.

Itulah cara menghapus akun Gmail. Semoga membantu.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER