Viral Modus Penipuan COD di TikTok, Kiriman Tak Sesuai Pesanan

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 19:50 WIB
Video di TikTok soal belanja online lewat COD dengan barang yang tak sesuai dengan pesanan viral. Modus terbaru penipuan? Kurir online mengungkap modus COD tak sesuai pesanan. (Foto: CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah video di TikTok berisi informasi mengenai pembelian barang online lewat Cash on Delivery (COD) dengan barang yang tak sesuai dengan pesanan viral. Penipuankah?

Lewat unggahan video dari akun TikTok Bagoes Vlog, ia membagikan video berdurasi 02.11 detik yang berjudul 'Penipuan Paket'.

Bagoes, pemilik akun yang kerap membagikan momen pengiriman barang itu, terlihat tengah mengirimkan pesanan online pelanggan. Namun ia heran, deskripsi pesanan tertulis digital rice cooker tetapi barang yang ia kirimkan hanya berbentuk kertas berlapiskan map cokelat.

"Ini keteranganya kok digital ricecooker, Di sini tulisanya 47.000, order lewat TikTok bu? sempet ngeklik?," tanya Bagoes.

"Iya," jawab calon penerima paket.

Bagoes tak langsung memberikan paket tersebut. Ia menduga kiriman itu merupakan modus penipuan agar pembeli membayar dan mau tak mau menerima barang yang tak sesuai postingan di etalase penjual.

Lantas Bagoes menyarankan untuk meretur atau mengembalikan barang kepada penjual, mengantisipasi kerugian oleh pembeli.

"Ini totalnya Rp47.000 kan engga mungkin rice cooker isinya begini, nanti saya retur, saya minta konfirmasi lewat WhatsApp," ujarnya.

"Ini engga mungkin ricecooker. Memang banyak penjual yang nakal kaya gini. Ini seperti beli barang elektronik tapi dikrimnya cuman kertas begini," sambungnya.

Terpisah, Zulkifli (25) kurir JNT express di Jakarta Barat mengaku kerap menjumpai modus seperti itu. Ia tidak tahu apa maksud dan tujuan penjual mengirim barang yang tidak sesuai postingan di toko online.

"Sering, sering. Ordernya termos, tapi bentuk barangnya cuman kertas enteng banget, dipelastikin dibikin kaya paket beneran aja," ujar Zulkifli saat ditemui CNNIndonesia.com, Rabu (28/9).

Dalam kurun seminggu terakhir saja, ia mengatakan di zona wilayah pengirimanya bisa menjumpai lebih dari lima kali modus penipuan seperti itu. Umumnya diorder dari TikTok Shop dan Shopee.

"Kebanyakan orang enggak paham main klik-klik aja dari TikTok atau Shopee, dateng barangnya, terus mau enggak mau bayar," tururnya.

Kendati barang kiriman tak sesuai, ia mengatakan tetap ada opsi untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan kiriman.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi TikTok Indonesia ihwal dugaan modus penipuan COD. Namun hingga berita ditulis, belum mendapatkan respons.



(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER