Bjorka Sebar Diduga KTP dan NPWP Milik Kepala BSSN

CNN Indonesia
Minggu, 02 Okt 2022 06:36 WIB
Bjorka kembali menjadikan Kepala BSSN Hinsa Siburian sebagai korban doxing-nya berupa penyebaran KTP dan NPW. Data pribadi Kepala BSSN Hinsa Siburian (tengah) kembali diumbar Bjorka. (Foto: Arsip Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) diduga milik Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian disebar Bjorka.

Aksi doxing itu dilakukan di kanal Telegram-nya pada Sabtu (1/9) pukul 14.55 WIB. Tampak kolase foto KTP di bagian atas dan NPWP di bawahnya, lengkap dengan data pribadi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, NPWP, hingga status pernikahan lazimnya pada kartu identitas umum.

Unggahan itu menuai ratusan respons penghuni kanal Bjorkanism itu, dengan sebagian besarnya (258) memilih emoticon terkejut.

Aksi doxing itu hanya dilakukan di kanal Telegram sejauh ini. Akun Bjorka di BreachForums belum menampilkan hal itu.

Tiga hari sebelumnya, Kamis (29/9) pukul 11.32 WIB, Bjorka juga mengunggah sejumlah data pribadi Hinsa, yang saat itu ditampilkan dalam foto berseragam tentara dengan tiga bintang di pundaknya.

Selain itu, dia menyertakan tangkapan layar berita CNNIndonesia bertajuk "Anggaran BSSN Naik Jadi Rp624 M, 'Berkah' Bjorka?" dalam versi terjemahan ke Bahasa Inggris.

"let's ask this old man what the money will be used for (Mari kita tanya orang tua ini uangnya akan dipakai apa, red)," kicau Bjorka dalam thread di BreachForums itu.

Pembocor data yang mengaku berbasis di Warsawa, Polandia, itu mengunggah screenshot data pribadi berupa nomor telepon, nama, NIK, nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, tempat tanggal lahir, pendidikan, agama, status vaksin, hingga kendaraan.

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra belum juga merespons klarifikasi dari CNNIndonesia.com soal dua aksi doxing Bjorka ini.

Dalam beberapa kesempatan, Bjorka menyindir keras politikus dan tentara yang memimpin lembaga urusan teknologi informasi.

"this is a new era to demonstrate differently. nothing would change if fools were still given enormous power. the supreme leader in technology should be assigned to someone who understands, not a politician and not someone from the armed forces. because they are just stupid people," kicau Bjorka, dalam Twitter-nya, awal September.

(ini adalah era baru untuk berdemo dengan cara berbeda. Tak ada yang bakal berubah jika orang bodoh masih diberi kekuatan yang sangat besar. Pemimpin tertinggi dalam teknologi harus ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politikus dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata. karena mereka hanyalah orang-orang bodoh, red).

Diketahui, Kepala BSSN Hinsa Siburian merupakan pensiunan jenderal bintang tiga yang berlatar intelijen Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate adalah seorang poliitkus yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai NasDem.

(tim/arh)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER