Siapa yang Buat Bitcoin dan Seberapa Kaya Dia?

CNN Indonesia
Rabu, 02 Nov 2022 19:19 WIB
Bitcoin telah menjadi salah satu instrumen keuangan yang penting dalam satu dekade terakhir. Ilustrasi bitcoin. Satoshi Nakamoto merupakan sosok misterius yang menciptakan bitcoin pertama kali. Foto: iStockphoto
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya dalam satu dekade belakangan, mata uang cryptocurrency mulai digandrungi sejumlah masyarakat dunia. Bitcoin menjadi pelopornya, lalu siapa yang membuat Bitcoin dan seberapa kaya dia?

Nama Satoshi Nakamoto kerap disebut sebagai pembuat Bitcoin (BTC). Nakamoto adalah individu anonim yang mengklaim telah menciptakan Bitcoin, cryptocurrency pertama di dunia.

Kita tahu bahwa Nakamoto menciptakan Bitcoin. Fakta ini didasarkan pada kertas putih Bitcoin yang terkenal , "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System," yang diterbitkan secara daring pada Oktober 2008.

Nakamoto adalah penulis buku putih, yang memaparkan teori dan struktur operasi sistem pembayaran Bitcoin.

Pada Februari 2009, Nakamoto membuat unggahan papan pesan online pertama yang didedikasikan untuk cryptocurrency, di forum P2P Foundation.

Dalam unggahan tersebut, Nakamoto menyatakan telah mengembangkan sistem e-cash P2P open source baru yang disebut Bitcoin.

"Ini sepenuhnya terdesentralisasi, tanpa server pusat atau pihak tepercaya, karena semuanya didasarkan pada bukti kripto alih-alih kepercayaan. Cobalah, atau lihat tangkapan layar dan kertas desain," ujarnya.

Sejak unggahan pertama itu, jutaan orang telah mengikuti omonganya. Pada 2021, setidaknya satu juta penambang Bitcoin memverifikasi data yang membentuk blockchain Bitcoin.

Namun satu juta penambang itu mewakili sebagian kecil dari jumlah total pemegang Bitcoin, yang diperkirakan lebih dari 100 juta orang.

Saat ini, Bitcoin adalah cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalahkan semua cryptocurrency utama lainnya seperti Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Cardano (ADA), dan banyak lagi.

Setidaknya ada satu orang nyata di balik nama Satoshi Nakamoto. Forbes pertama kali mengungkap hal ini karena seseorang membuat kode sumber Bitcoin, menerbitkan buku putihnya, mengirim email, dan membuat unggahan forum tentang cryptocurrency.

Tapi email terakhir dari Nakamoto dikirim pada April 2011. Itu adalah pernyataan singkat kepada sesama pengembang di mana pencipta Bitcoin mengatakan dia telah 'pindah ke hal lain'.

Sebuah unggahan forum terakhir yang dialamatkan ke Nakamoto dibuat pada Maret 2014. Saat itu, Nakamoto hanya berkata, "Saya bukan Dorian Nakamoto,"

Dorian disebut sebagai fisikawan Jepang-Amerika yang merupakan pencipta Bitcoin dalam sebuah artikel oleh majalah Newsweek.

Sejak posting ini, Nakamoto, yang secara aktif bekerja dengan pengembang lain di masa-masa awal Bitcoin, telah benar-benar menghilang.

Namun Nakamoto diketahui menggunakan ejaan Inggris/Persemakmuran untuk kata-kata tertentu seperti "favor", dengan tambahan "U", daripada "favor" Amerika.

Untuk alasan ini, beberapa orang berspekulasi Nakamoto berasal dari Inggris atau dididik di Inggris

Jadi, kemungkinan besar ada sosok orang sungguhan di balik nama Satoshi Nakamoto. Namun, mengingat kesulitan dunia menemukan sosok itu, Satoshi Nakamoto mungkin bukan nama sebenarnya.

Ada banyak teori tentang siapa Satoshi Nakamoto. Beberapa mengklaim nama itu merujuk pada sekelompok pengembang, dan beberapa percaya itu mewakili satu orang.

Terlepas dari siapa pihak di balik Nakamoto, segelintir orang telah mendapatkan lebih banyak daya tarik sebagai identitas yang mungkin untuk pencipta anonim Bitcoin.

Seorang ilmuwan komputer Australia, Craig Wright orang yang secara terbuka mengaku sebagai Satoshi Nakamoto. Pada Desember 2015, dua majalah terpisah, Wired dan Gizmodo, menerbitkan cerita yang mengatakan Wright bisa menjadi penemu Bitcoin.

Buntut dari cerita tersebut, rumah Wright digerebek oleh otoritas Australia karena penyelidikan kantor pajak, menurut laporan The Guardian.

Meskipun cerita kedua media itu kemudian disangsikan, Wright mempertahankan klaimnya sebagai Satoshi Nakamoto.

Wright bahkan pernah menggugat jurnalis Inggris Peter McCormack atas pencemaran nama baik ketika seorang blogger mengklaim bahwa Wright bukan Nakamoto. Hal ini menyebabkan Wright dianugerahi satu pound Inggris sebagai ganti rugi.

Alasan penghargaannya sangat kecil: Diputuskan bahwa Wright telah memberikan "bukti palsu yang disengaja" dalam klaimnya bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto.

Wright juga menulis surat kepada blogger Norwegia, Hodlonaut meminta dia mencabut pernyataan jika Wright bukan Nakamoto atau ia mengancam untuk menuntut. Hodlonaut menolak permintaan Wright, dan kasus itu berlanjut ke pengadilan Inggris, di mana kasus itu ditolak.

Majalah Newsweek mengungkapkan dalam artikel Maret 2014, nama asli Satoshi Nakamoto adalah Dorian Satoshi Nakamoto dan dia adalah seorang fisikawan Jepang-Amerika yang menganggur dan tinggal di California.

Namun Nakamoto dengan cepat membantah klaim tersebut. Dia menanggapi artikel Newsweek dengan mengatakan cerita majalah itu telah "menjadi sumber kebingungan dan menyebabkan stres" untuk dirinya dan keluarganya.

"Saya tidak membuat, menciptakan, atau mengerjakan Bitcoin. Saya tanpa syarat menyangkal laporan Newsweek," kata dia.

Seberapa Kaya Satoshi Nakamoto?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER