Mengenal Apa Itu Yandex Mesin Pencari Rusia?

tim | CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 14:00 WIB
Pengguna internet tentu sudah tak asing dengan mesin pencari Google asal AS. Namun bagaimana dengan mesin pencari Yandex milik Rusia? Mengenal apa itu Yandex mesin pencari asal Rusia. (Foto: yandex.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna internet tentu sudah tak asing dengan layanan mesin pencarian Google yang berasal dari Amerika Serikat. Namun bagaimana dengan mesin pencarian Yandex yang berasal dari Rusia?

Apakah Anda sudah pernah dengar? Mari mengenal apa itu Yandex mesin pencari Rusia?

Melansir situs resmi Yandex, Yandex adalah perusahaan teknologi asal Rusia yang menyediakan berbagai layanan bisnis. Mulai dari mesin pencarian, navigasi bisnis secara online dan offline, transportasi, e-commerce, iklan online, hingga aplikasi seluler.

Secara total, ada 70 layanan di perusahaan yang telah dikembangkan sejak 1997. Selain itu, Yandex juga memiliki lebih dari 30 kantor dan mempekerjakan lebih dari 18 ribu orang di seluruh dunia.

Kini, Yandex juga memiliki kantor operasional di luar Rusia, tepatnya di Belarus, Kazakhstan, dan Turki. Perusahaan ini juga sudah terdaftar di Nasdaq, bursa saham New York sejak 2011.


Sejarah Yandex

Sejarah Yandex bermula sejak awal 1990-an, jauh sebelum perusahaan didirikan. Kala itu, Yandex sudah mulai memberi layanan pencarian meski secara lokal.

Secara perlahan, Yandex mulai mengembangkan lini bisnisnya, sehingga tak hanya mengandalkan bisnis mesin pencarian. Misalnya, menayangkan iklan kontekstual untuk produk dan layanan yang didasari pencarian pengguna di mesin pencarian Yandex.

Hal ini rupanya berhasil dan menjadikan Yandex semakin populer. Bahkan menjadi mesin pencarian terbesar untuk penempatan iklan berbasis teks di Rusia.

Setelah itu, Yandex terus melakukan penambahan lini bisnis sehingga membuat pendapatan perusahaan ikut menanjak hingga akhirnya melantai di Nasdaq.


Cara Kerja dan Fitur Yandex

Lalu, bagaimana mesin pencarian Yandex bekerja? Mari mengenal apa itu Yandex mesin pencari Rusia?

Informasi di mesin pencarian Yandex mulanya berupa informasi lokal, namun kini telah mengglobal. Yandex juga menawarkan rekomendasi atau saran berdasarkan hal-hal yang pernah dicari di mesin pencarian mereka.

Yandex mengklaim menggunakan teknologi kelas dunia untuk memberikan layanan di mesin pencarian mereka. Selain itu, mereka juga menggunakan metode pembelajaran mesin sendiri yang disebut sebagai MatrixNet.

Layanan mesin pencarian Yandex menghadirkan berbagai fitur pencarian, misalnya menggunakan teks maupun suara. Sementara fitur-fitur hasil pencarian berupa permainan, gambar, video, email, peta, hingga penerjemahan.

Dengan menghubungkan email Anda ke Yandex, Anda bisa menambahkan berbagai informasi yang didapat secara digital untuk langsung masuk dan tersimpan di email penggunanya. Misalnya, setelah memesan tiket, undangan rapat, informasi diskon produk, dan lainnya.

Demikian informasi seputar mengenal apa itu Yandex mesin pencari Rusia? Semoga bermanfaat.

(uli/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER