Cianjur Trending Topic, Netizen Banjiri Lini Masa dengan Doa

CNN Indonesia
Selasa, 22 Nov 2022 12:08 WIB
Banjir doa dan ucapan simpati terjadi di linimasa Twitter sehari usai gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur yang membuat puluhan warga meninggal dan ribuan mengungsi. Salah satu daerah yang terdampak gempa Cianjur, Kampung Selakawung Tengah. Linimasa banjir doa merespons bencana ini. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Twitter dibanjiri doa dari netizen dan tagar PrayforCianjur usai bencana gempa menimpa Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya pada Senin (21/11) siang.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (22/11) pukul 09.55 WIB, 103 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. Mayoritas korban meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk saat peristiwa terjadi.

Selain itu, 25 orang masih dilaporkan hilang.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan banyaknya korban dan kerusakan infrastruktur di Cianjur terkait beberapa faktor.

Pertama, kedalaman gempa yg dangkal; kedua, struktur bangunan tidak memenuhi standar aman gempa; ketiga, lokasi permukiman berada pada tanah lunak (local site effect-efek tapak) dan perbukitan (efek topografi).

Banyaknya korban itu pun memicu simpati dari warganet. Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Selasa (22/11) pukul 10.00 WIB, tagar PrayforCianjur telah dicuitkan sebanyak 19 ribu kali dan menjadi trending topic.

Sebelumnya, kata kunci Cianjur juga terus menerus menjadi trending topic dengan jumlah cuitan mencapai 164 ribu cuitan hingga satu jam lalu.

Mayoritas cuitan yang menggunakan tagar PrayforCianjur berisi doa agar Cianjur bisa lekas pulih.

"Lekas pulih Cianjur #PrayForCianjur," tulis akun @anywayitsover, Selasa (22/11).

Netizen bernama @ConkUf1 pun berdoa meminta perlindungan untuk masyarakat di Cianjur.

"Semoga saudara kita di Cianjur dalam Lindungan Allah SWT......Aamiin. #PrayForCianjur," ujarnya.

Akun @sayalusia juga mendoakan masyarakat yang menjadi korban tewas agar beristirahat dengan damai, serta masyarakat yang mengalami luka-luka bisa segera pulih.

"Semoga mereka semua beristirahat dalam damai. Semoga yg sakit dan luka lekas pulih kembali. #PrayForCianjur #PrayForIndonesia," katanya.

Di tengah banjir doa yang mengalir, salah satu netizen dengan akun @gueaishyhns mengenang bagaimana kondisi Cianjur dua pekan lalu yang masih dalam kondisi tertata rapi sebelum diguncang gempa.

"Padahal dua minggu lalu aku baru ke cianjur dalam kondisi rumah mereka yang masih tertata rapi. Tapi sekarang. Alfaatihah, dan turut berduka cita untuk musibah di cianjur, semoga saudara kita disana diberikan ketabahan dan kesabaran yang luar biasa," tulisnya.

Selain deretan doa, tagar PrayForCianjur juga digunakan oleh sejumlah netizen yang mengabarkan kondisi di Cianjur, salah satunya akun @Mae_Amaa.

"Gempa per 5 menit sekali, kerasa banget (info dari ponakan di situ) Masi speechless yaa Allah, cianjur," katanya.

Daryono juga mengungkap gempa susulan sejauh ini menacpai 122 kali dengan jumlah yang makin berkurang.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER