Kapan Manusia Bisa Tinggal di Bulan?

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Nov 2022 08:59 WIB
Manusia diprediksi sudah akan bisa tinggal di Bulan dalam waktu dekat. Salah satu persiapannya adalah misi Artemis 1. Ilustrasi. NASA memprediksi manusia sudah bisa tinggal di Bulan pada dekade ini. (Foto: Tangkapan layar web nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut manusia bisa mulai hidup, tinggal, hingga bekerja di Bulan di masa mendatang. Kapan itu?

Howard Hu, yang memimpin program pesawat ruang angkasa Orion untuk NASA, mengatakan pihaknya akan mengirim orang ke Bulan untuk melakukan penelitian sains terlebih dahulu agar 2030 Bulan bisa ditinggali manusia.

"Kami akan mengirimkan orang ke permukaan dan mereka akan tinggal di permukaan itu dan melakukan sains," kata Howard kepada BBC.

Dikutip dari ScienceAlert, NASA berhasil meluncurkan roket Space Launch System atau SLS minggu lalu dan mengirim pesawat ruang angkasa Orion menuju Bulan.

Peluncuran yang telah berulang kali ditunda itu menggerakkan misi Artemis NASA, yang merupakan langkah pertama menempatkan manusia kembali ke Bulan setelah 50 tahun berlalu.

NASA terakhir kali mengirimkan manusia ke Bulan pada misi Apollo 17, Desember 1972. Sejak itu, tak ada lagi misi pengiriman karena biayanya yang sangat mahal. 

Namun NASA kembali berniat mengirimkan manusia ke Bulan pada 2025.Pesawat Orion sendiri tidak membawa manusia melainkan sejumlah benda.

Benda-benda itu dibawa untuk melihat dampak radiasi terhadap manusia sekaligus sebagai 'pemanasan' untuk pengiriman manusia di misi Artemis berikutnya. Saat ini, pesawat Orion masih dalam perjalanan menuju Bulan. 

NASA menargetkan pendaratan di Kutub Selatan Bulan. Pasalnya, NASA memprediksi wilayah itu mengandung air yang bisa menunjang kehidupan dan pekerjaan astronaut pada misi berikutnya. 

"Ini adalah langkah pertama yang kami ambil untuk eksplorasi ruang angkasa dalam jangka panjang, tidak hanya untuk Amerika Serikat tetapi juga untuk dunia," kata Hu.

Lihat Juga :

Nantinya pesawat Orion akan kembali ke Bumi dengan membawa sejumlah sampel. Inilah salah satu fase krusial dalam misi Artemis 1.

Orion akan masuk kembali ke atmosfer Bumi pada kecepatan 38 ribu km/jam atau 32 kali lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Pelindung pada salah satu bagiannya akan mencapai suhu mendekati 3 ribu derajat celsius.

Jika komponen keselamatan Artemis beserta sistemnya ini telah diuji dan terbukti ampuh, Hu menilai rencana membawa manusia tinggal di Mars akan terjadi "dalam dekade ini".

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER