7 Cara Menghemat Baterai Hp Android Biar Nggak Boros

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 03 Des 2022 13:00 WIB
Bagi Anda yang gemar bepergian, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghemat baterai hp Android. Simak langkahnya. Ilustrasi, Cara menghemat baterai hp Android biar nggak gampang boros (Foto: iStockphoto/turk_stock_photographer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi Anda yang gemar bepergian, perlu mengetahui cara menghemat baterai handphone alias hp Android. Terlebih jika Anda tidak memiliki power bank, maka tips ini wajib Anda aplikasikan.

Baterai merupakan komponen yang penting dari sebuah hp. Baterai dengan kapasitas daya lebih besar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Akan tetapi, pada hp dengan baterai berdaya terbatas tentu diperlukan trik khusus agar awet dan nggak gampang boros.

Ada banyak faktor yang membuat baterai hp cepat habis, mulai dari penggunaan aplikasi hingga koneksi internet. Namun jangan khawatir, sebab ada cara menghemat baterai yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah.

Cara Menghemat Baterai Hp Android

Berikut ini beberapa cara menghemat baterai hp Android yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Aktifkan mode hemat daya

Melansir laman Pcmag, Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya yang secara otomatis mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai.

Nantinya hp akan membatasi kecepatan mesin hingga 70 persen dan menurunkan kecerahan hingga 10 persen. Cara ini dapat bermanfaat jika Anda berada di perjalanan.

2. Gunakan mode pesawat

Ilustrasi ponsel pintar AndroidIlustrasi. Cara menghemat baterai hp Android, salah satunya gunakan mode pesawat (Foto: Freestocks)

Airplane mode atau mode pesawat juga dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai. Pasalnya koneksi internet dapat menguras baterai hp.

Namun, hal ini membuat hp Anda dalam kondisi offline. Apabila Anda sedang di perjalanan dan ingin menghemat baterai, Anda dapat menggunakan mode pesawat ini untuk sementara waktu.

3. Kurangi kecerahan layar hp

Langkah berikutnya adalah dengan mengurangi kecerahan layar Hp. Anda dapat mengaturnya pada menu Setting atau Pengaturan di hp Android.

Anda juga dapat menonaktifkan kecerahan otomatis. Pasalnya, fitur ini memang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan tetapi juga dapat membuat layar jadi cerah berlebihan.

4. Hindari aplikasi yang terus berjalan

Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang bahkan saat tidak digunakan juga dapat menguras bateri hp Android. Oleh sebab itu, hilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Anda dapat memeriksanya secara berkala untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang berjalan. Jika tidak digunakan, aplikasi tersebut bisa Anda hapus atau nonaktifkan.

5. Matikan GPS

Pengedaraan menggunakan Google GPS  (global positioning system), Jakarta, 9 Februari 2019. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Ilustrasi. Cara menghemat baterai hp Android, salah satunya matikan GPS (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Merujuk laman Developer Android, cara paling signifikan untuk menghemat baterai ponsel adalah dengan mematikan sementara fungsi GPS. Anda dapat langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi.

Adapun caranya cukup dengan membuka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

6. Matikan Wi-Fi, bluetooth, dan data otomatis

Tak hanya GPS, Wi-Fi, bluetooth, dan data seluler dapat menguras baterai hp. Menyalakan Wi-Fi yang tidak ada jaringannya dapat membuat ponsel terus bekerja mencari jaringan dan dapat menguras kinerja baterai.

Anda dapat mematikannya dengan membuka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bagian bawah prefensi WI-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan WI-Fi secara otomatis.

7. Aktifkan dark mode

Apabila hp Android Anda memiliki layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan usia baterai sebab layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab makin banyak piksel hitam atau gelap, makin sedikit daya yang diperlukan. Anda juga dapat mengaktifkan mode malam untuk alternatif cara menghemart penggunaan baterai.

Tips Menghemat Baterai Hp Android dari Google

Sundar Pichai, senior vice president of Chrome, speaks at Google's annual developer conference, Google I/O, in San Francisco on June 28, 2012. AFP PHOTO/Kimihiro Hoshino (Photo by KIMIHIRO HOSHINO / AFP)Ilustrasi. Cara menghemat baterai hp Android (Foto: AFP/KIMIHIRO HOSHINO)

Selain itu, Google juga secara resmi memberikan tips dan trik untuk menghemat baterai hp Android, berikut langkahnya yang dilansir dari laman Support Google.

  • Kurangi kecerahan layar
  • Atur kecerahan layar untuk berubah secara otomatis
  • Matikan suara atau getaran keyboard
  • Batasi aplikasi yang memerlukan penggunaan baterai tinggi
  • Hapus akun yang tidak digunakan
  • Aktifkan tema gelap.

Itulah cara menghemat baterai hp Android. Selamat mencoba!

(juh/fef)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER