Netizen Soal Rambut Putih yang Mikirin Rakyat: Basuki Hingga Kakashi

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Nov 2022 14:37 WIB
Bukannya memberi foto 'normal' soal si 'rambut putih' yang dikatakan Jokowi, warganet malah menyodorkan tokoh-tokoh alternatif yang kocak. Ilustrasi. Perbincangan soal rambut putih makin banyak di timeline usai pidato Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Frasa 'rambut putih' masuk 10 besar trending topic di jagat Twitter usai Presiden Jokowi menyebut itu sebagai salah satu ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Di depan ribuan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11), Jokowi mulanya mengungkap ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat yang bisa terlihat dari penampilannya.

"Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat," kata dia.

Meski secara konstitusi tak menentukan karena bukan pemimpin parpol, suara Jokowi soal calon pemimpin penggantinya dinanti banyak pihak karena banyaknya relawan yang bisa diberdayakan untuk meraup suara.

Bukan sekali itu saja Jokowi memberi clue soal capres 2024 yang didukungnya. Pada Rakernas Projo, di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5), Jokowi menyatakan "jangan terburu-buru meski orangnya ada di sini."

Dari beragam petunjuk itu, para pengamat politik mengarahkan telunjuk kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kader PDIP yang belum juga mendapat restu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Beberapa warganet pun sepakat dengan ramai-ramai mengunggah foto-foto tokoh terkait. Per Sabtu (26/11) pukul 13.43 WIB, kicauan tentang 'rambut putih' pun nongkrong di posisi 9 trending topic Indonesia dengan 5.022 kicauan.

"Ini dia si Rambut Putih yg dimaksud Pakde Jokowi," klaim akun @kakekhalal2.

Namun, banyak pula yang mengunggah foto-foto tokoh yang di luar perkiraan, mulai dari dunia politik, pemerintahan, sepakbola, film, hingga anime.

Akun @AroofTito berkelakar bahwa tokoh yang dimaksud Jokowi adalah Wapres Ma'ruf Amin.

"Ternyata selama ini asumsi kalian salah semua, di balik layar beliau lah yang memimpin negara ini, bukan pak jokowi. Banyak kerutan, rambut putih. sungkem dulu sama pak kiai haji," kicaunya.

Sementara, @JukiHoki menebak tokoh yang dimaksud adalah Presiden kedua RI Soeharto.

"Rambut Putih, Kening berkerut dan keriput. Ciri-ciri pemimpin yang mikirin rakyat."

Tak mau kalah, @Dee_01984 menyodorkan nama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono sebagai sosok yang dimaksud Jokowi. 

Sementara, akun @Pijeeone melontarkan kicauan nyinyir soal mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Paminal) Polri Hendra Kurniawan yang kini jadi terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J.

Akun @adisatya malah mengungkap sosoknya adalah Gading Marten.

Watganet @AlmaricJ turut berceloteh bahwa sosok yang dimaksud Jokowi adalah Sinterklas alias Santa Klaus.

"Rambut putih. Kerutan di wajah. Sering memikirkan Rakyat, utamanya anak-anak. Pidato kriteria disampaikan jelang Bulan Desember. Confirmed, ini sosok yang dimaksud tuan presiden," kicaunya.

Ada pula yang menganggap sosok calon pemimpin itu adalah Kakashi Hatake dari serial anime Naruto.

"Mungkin rambut putih ini yang dimaksud pakde jokowi. emang bener kita sedang di negara konoha guys," katanya.

Ogah kalah 'kacau', @ruliemaulana mengklaim sosok yang dimaksud adalah Master Yoda, salah satu Jedi terkuat yang pernah ada di semesta Star Wars.

"Rambut putih. Kening berkerut."

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER