Cianjur Diguncang 263 Gempa Susulan, Tren Diklaim Menurun

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Nov 2022 19:15 WIB
Per Sabtu (26/11) sore, 263 gempa susulan mengguncang Cianjur dengan frekuensi dan kekuatan yang Ilustrasi. Gempa susulan di Cianjur makin meluruh. (Foto: Istockphoto/ Vchal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa susulan di Cianjur disebut sudah sudah mulai meluruh sejak gempa utama dengan Magnitudo 5,6 pada Senin (21/11), baik dari frekuensi kejadian maupun magnitudonya.

"Gempa susulan sejauh ini sudah cukup signifikan meluruh dari jumlah kejadiannya dan dari magnitudonya juga signifikan kecil," ujar Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sigit, dalam Update Penanganan Gempabumi M5,6 Cianjur Hari ke-5 yang disiarkan di YouTube BNPB, Sabtu (26/11).

"Tren ini secara umum menurun dari beberapa data yang sudah kami laporkan," tambahnya.

Sigit menjelaskan total gempa susulan yang terjadi hingga sore ini mencapai 263 kejadian dengan kekuatan yang bervariasi. Gempa terkecil berkekuatan Magnitudo 1,2, sedangkan gempa terbesar mencapai M 4,2.

"Dari tadi pagi yang dilaporkan itu kami ada 259 sampai dengan pukul 3 ini bertambah 4, jadi ada 263. Jumlah gempa yang setelah main shock atau gempa utama itu dari magnitudo terbesarnya masih di M 4,2 dan terkecilnya M 1,2," tuturnya.

Hari ini sendiri terjadi 4 gempa susulan dengan kekuatan M 1,5 hingga M 2,3. Sigit menyebut kejadian ini menunjukkan pelepasan energi gempa cenderung meluruh signifikan.

"Sedangkan untuk 4 event hari ini magnitudo terkecilnya M 1,5 dan magnitudo terbesarnya itu M 2,3. Jadi saat ini dari segi rilis energi magnitudonya itu relatif signifikan meluruh untuk hari ini," terangnya.

Sebelumnya, pada Selasa (22/11), Kepala Pusat Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menyebut gempa susulan di wilayah Cianjur ini kemungkinan akan berakhir di pekan depan.

"Sekitar seminggu lagi susulan berakhir," katanya kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER