Tampil 'Tomboy' Jadi Cara Burung Kolibri Betina Tolak Didekati Jantan

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 18:40 WIB
Burung kalibri betina punya cara agar tak didekati burung jantan. Mereka akan tampil 'tomboy'. lustrasi burung. Burung jacobin betina punya cara agar tak didekati burung jantan. Foto: bogitw/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah ahli menemukan 20 persen dari burung kolibri jacobin betina berleher putih meniru penampilan jenis jantan. Mengapa burung-burung itu melakukannya?

Burung kolibri jacobin bulu biru-putih punya warna yanh bervariasi pada saat remaja. Ketika beranjak dewasa, ada warna yang menandakan kelamin dari spesies itu.

Burung kolibri jacobin jantan misalnya, saat tumbuh dewasa mempertahankan bulu biru-putih, sedangkan pada betina berwarna palet hijau dan putih yang lebih pudar.

Anehnya, sekitar 20 persen betina menentang norma dan mempertahankan bulu jantan hingga dewasa.

"Mengapa beberapa jacobin perempuan terlihat seperti laki-laki? Itu adalah misteri yang terdiri dari banyak bagian," kata Jay Falk, peneliti postdoctoral di University of Washington (AS).

Dalam penelitian yang diterbitkan 7 September di Proceedings of the Royal Society B, Falk dan rekan penulis di Universitas Cornell dan Universitas Columbia melaporkan jacobin betina dewasa berleher putih dengan bulu mirip jantan hanya sekadar meniru penampilan jantan.

Sedangkan pada perilaku dan kebiasaan dan ukuran betina tidak mirip dengan jantan. Terlebih, meskipun punya tampilan sama, jenis betina tak bisa berkicau tak seperti jantan.

Studi tersebut menunjukkan 1 dari 5 betina dewasa dengan bulu mirip jantan terlibat dalam "mimikri yang menipu".

Pada dasarnya, betina mencoba berpura-pura sebagai jantan, tanpa bertindak sama seperti jantan bertujuan agar tidak menerima agresi dari jantan, sehingga dapat bertahan hidup lebih lama.

Falk memulai penelitian ini sebagai mahasiswa pascasarjana di Cornell University dan melanjutkannya sebagai postdoctoral fellow dengan rekan penulis Alejandro Rico-Guevara, asisten profesor biologi dan kurator ornitologi di UW's Burke Museum of Natural History & Culture.

Jacobin berleher putih biasa ditemukan di dataran rendah tropis di Amerika Serikat (AS). Pada jacobin jenis jantan dari spesies ini sederhananya adalah pengganggu.

Mereka mempertahankan wilayah, mengusir saingan dari sumber makanan, merayu perempuan, dan berkelahi.

Perilaku agresif itu bergantung pada perbedaan mendasar dalam ukuran tubuh dan fisiologi: jacobin jantan lebih besar dan lebih baik dalam penerbangan agresif dibandingkan dengan betina berwarna kusam.

Di lokasi banyak habitat jacobin di Panama, peneliti secara acak menangkap jacobin jantan dan betina dengan kedua jenis bulu. Dia menemukan betina pada dasarnya memiliki ukuran tubuh dan sayap sedikit lebih besar jantan.

Sebelum melepaskan burung, Falk juga menguji kekuatan mereka atau kapasitas otot selama terbang dengan melihat seberapa tinggi mereka bisa terbang.

Tapi perbedaan antara jenis kelamin bukanlah keseluruhan dari inti cerita perubahan tampilan jenis betina.

"Bahkan ketika saya menemukan perbedaan rata-rata dalam morfologi wanita dan pria, kekuatan tenaga atau perilaku saya juga menemukan sedikit tumpang tindih antara jenis kelamin," kata Falk.

Falk dan Rico-Guevara saat ini sedang mempelajari peran variasi individu dalam sifat-sifat ini apa pun jenis kelaminnya, menurut laporan Washington.

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER