Lelang Frekuensi Mantan TV Analog Digelar Awal 2023, Prioritaskan 5G?

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 16:33 WIB
Lelang frekuensi 700 Mhz bekas TV analog bakal digelar pada kuartal pertama tahun depan. Buat apa? Ilustrasi. Frekuensi bekas TV analog bisa dipakai untuk memperluas sinyal 5G. (www.mitratel.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Frekuensi bekas TV analog, yakni 700 Mhz, bakal digelar pada kuartal pertama tahun depan (Januari-Maret). Akan digunakan untuk apa jaringannya?

"Di Q1 2023 insya Allah bapak ibu, kita bisa release 700 MHz. Jadi, nanti 5G bisa masuk ke pedesaan," ujar Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Dyaa SDPPI Kominfo dalam paparannya di acara Selular Digital Telco Outlook, Jakarta, Selasa (6/12).

Terkait bentuk lelangnya, Denny menyebut pihaknya masih belum menentukan, tetapi yang jelas akan diseleksi.

Denny menambahkan frekuensi 700 Mhz tak akan hanya digunakan untuk jaringan 5G, melainkan juga 4G.

"Kita sudah teknologi netral ya jadi 4G, 5G, jadi tergantung operator," terangnya.

Sebagai informasi, suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) merupakan program untuk memigrasikan siaran TV analog ke siaran TV digital. Sejumlah kota di Indonesia sudah melaksanakan ASO, tetapi masih banyak kota lain yang belum mengeksekusinya karena masalah kesiapan.

ASO sendiri merupakan bagian dari penataan ulang penggunaan frekuensi 700 Mhz. Penataan penggunaan nantinya akan mengefisienkan penggunaan frekuensi sehingga didapatkan digital dividend.

"Dengan migrasi siaran dari analog ke digital, Indonesia memperoleh digital dividend yang nanti akan dimanfaatkan untuk akses internet kecepatan tinggi," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan Mahfud MD pada Kamis (3/11) di acara hitung mundur ASO, seperti dikutip situs Kominfo.

Lebih lanjut, Denny mengatakan akan ada frekuensi lain yang kemungkinan akan dirilis pada 2023, yakni frekuensi 3,5 GHz dan 26 GHz.

"Insyaallah mudah-mudahan 3,5 GHz dan 26 GHz ya. Belum tahu, tapi tahun 2023 untuk 5g operator kan harus lengkap kan coverage band, capacity band, dan mmwave," terangnya.

Terkait kapasitas masing-masing frekuensi, Denny menyebut untuk 3,5 GHz akan menyediakan 200 MHz, 700 Mhz akan menyediakan 2x45 MHz, dan 26 GHz akan menyediakan 2,7 GHz.

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER