Siaran TV Analog di Surabaya Mati Malam Ini, ASO Capai 265 Wilayah

CNN Indonesia
Selasa, 20 Des 2022 16:00 WIB
Siaran tv analog di 10 kota di Jawa Timur (Jatim) mati malam ini. Itu membuat sudah ada 265 kabupaten kota di Indonesia yang telah ASO. Ilustrasi. Siaran tv di 10 kota di Jawa Timur (Jatim) akan mati malam ini. Dengan demikian ASO sudah mencapai 265 kabupaten kota di Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Johnny G. Plate menyebut 10 kabupaten kota di Jawa Timur antara lain Surabaya, akan melaksanakan Analog Switch Off (ASO) pada Selasa (20/12) malam ini WIB.

Dengan demikian, ASO di Indonesia sudah mencapai 265 kabupaten kota. 

"Kita rencanakan ASO tahap berikutnya di Provinsi Jatim hari ini, malam ini. Kalau ini dilakukan maka sudah terdapat 265 kabupaten kota di RI," ujar dia di sela acara Launching Indeks Masyarakat Digital Indonesia 2022, Selasa (20/12).

Sepuluh daerah tersebut adalah Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Bangkalan, Gresik, Lamongan, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang. Wilayah tersebut masuk ke dalam kategori Jatim-1 yang akan dihentikan siaran tv analognya pada pukul 24.00 WIB malam nanti. 

Total kabupaten dan kota di Indonesia sendiri ada 514. Plate berharap, 249 kabupaten kota yang belum menggelar ASO untuk secara bertahap dilakukan dengan cepat.

Plate tidak merinci kapan tenggat waktu menggelar ASO di 514 kabupaten dan kota tersebut. Namun ia mengatakan sebagaimana ASO yang dilakukan sebelumnya, ketersediaan STB bagi masyarakat miskin masih menjadi kendala.

"Kami berkoordinasi terus dengan penyelenggara multipleksing yang mempunyai tugas menyiapkan dan memasang STB di masyarakat dilakukan dengan baik," ujarnya.

Ia meminta kepada penyelenggara multipleksing (mux) untuk lebih agresif mendistribusikan STB. Pasalnya, banyak penyelenggara multipleksing baru mendistribusikan STB di bawah 6 persen. 

"Kami mendorong agar penyelenggara mux yang baru melaksanakan distribusikan STB kurang dari 6 persen lebih agresif," ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh CNNIndonesia.com, Selasa (20/12), distribusi STB gratis oleh penyelenggara multipleksing masih ada yang di bawah 6 persen, seperti MNC Grup; 2,4 persen, Media Grup; 3,3 persen, RTV; 3,9 persen, Transmedia 5,7 persen.

Sementara yang sudah di atas 6 persen di antaranya Surya Citra Media (SCM); 7,2 persen dan VIVA; 27,7 persen.

Terpisah, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyebut penghentian siaran tv analog di 10 kabupaten/kota itu sudah sesuai arahan pemerintah pusat dan bersama KPI Pusat dan Jatim.

"Sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat serta hasil rapat bersama KPI Pusat dan Jatim pada 7 Desember lalu, ada sepuluh kabupaten/kota di Jawa Timur yang akan melakukan tahap pertama ASO atau penghentian siaran TV analog, mulai hari ini," kata Khofifah.

(can/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER