Viral Penipuan Paket Akrab di Medsos, XL Buka Suara

CNN Indonesia
Kamis, 12 Jan 2023 08:00 WIB
Pihak XL angkat bicara soal modus penipuan di internet yang menggunakan paket XL akrab. XL buka suara soal penipuan bermodus paket akrab XL. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

XL Axiata buka suara soal viralnya paket XL Akrab yang menjadi buah bibir sejumlah warganet lantaran ditipu oleh pihak tak bertanggungjawab.

Head External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan pihaknya masih mendalami temuan itu. Namun paket XL Akrab disuguhkan kepada pengguna yang akrab baik itu sanak saudara maupun kerabat dekat.

"Kita akan cek dulu ya, intinya paket itu diberikan untuk kenyamanan dan kemudahan buat pelanggan," ujar Henry kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/1).

Namun, jika dilihat dari modus yang ditawarkan, Henry menilai praktik penjualan paket XL Akrab di media sosial itu merupakan delik penipuan.

Dengan demikian bagi pengguna XL Axiata yang merasa tertipu dengan modus tersebut bisa langsung melaporkan kepada pihak berwajib.

"Kalau ternyata ada yang melakukan seperti itu, itukan masuknya kriminal, tinggal dilaporkan saja sesuai dengan hukum yang berlaku," tuturnya.

Lebih lanjut Henry mengimbau kepada pengguna XL Axiata untuk tetap berhati-hati agar tidak tergiur dengan tawaran menarik padahal merupakan modus penipuan.

Sebelumnya ramai jadi perbincangan di jagat Twitter modus penjualan paket XL Akrab dengan tawaran harga yang murah.

Dikutip situs resmi XL, paket akrab merupakan layanan data untuk satu kelurga dengan kuota besar dan disertai bonus kuota pribadi, untuk dibagi-bagi kepada keluarga atau kerabat yang terdaftar.

Pilihanya mulai dari 30GB dengan harga Rp56 ribu hingga 460GB dengan harga Rp450 ribu per bulan untuk orang anggota keluarga.

Lihat Juga :

Beberapa warganet menawarkan untuk bergabung dalam keanggotaan lewat jagat Twitter. "cari 1 orang buat sharing xl paket akrab, bayar 20k aja," tulis akun @yueehee.

"yg mau sharing paket akrab xl bs dm ya, perorangnya 36rb, detailnya di bawah. bisa add dlu baru trf ok," kata akun @masihdede.

Sayangnya, penawaran paket itu belakangan menjadi modus penipuan baru. 

Netizen dengan akun @Chhiyyuu misalnya. Ia mengaku jadi korban penipuan jualan paket XL Akrab di Twitter.

"Hati-hati penipuan paket XL Akrab terjadi lagi nih, malah dilock akunnya," kata dia sambil membagikan tangkapan layar percakapan dengan penipu.

"Sekarang paket akrab bisa dibuat ajang penipuan ya guys... cari duit yang halal ah... masa nipu orang," kata akun @Alynezia.

[Gambas:Video CNN]

(can/lth)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER