Cara Cek Nama Kontak lewat Getcontact dan Truecaller

CNN Indonesia
Selasa, 24 Jan 2023 10:00 WIB
Cara cek nama kontak lewat Getcontact dan Truecaller sangat mudah. Cukup mengunduh salah satu aplikasi tersebut, berikut langkahnya. Ilustrasi. Cara cek nama kontak lewat Getcontact dan Truecaller (iStock/solidcolours)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna smartphone dapat menggunakan aplikasi Getcontact dan Truecaller untuk memeriksa nama kontak diri yang diberikan oleh orang lain. Misalnya yang diberikan oleh saudara, teman, hingga rekan kerja.

Cara cek nama kontak lewat Getcontact dan Truecaller sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh salah satu aplikasi tersebut di App Store atau Google Play Store.

Kegunaan aplikasi pemeriksa nama kontak ini sangat banyak, yakni sebagai cara melihat nama kontak kita di hp orang lain. Selain itu, juga bisa sebagai cara mengetahui nama kontak pacar di hp orang lain, verifikasi kontak orang lain, hingga menghindari penipuan.

Sebab, kedua aplikasi akan memberikan hasil penyimpanan nama kontak seseorang dari orang lain. Nama kontak ini tentu beragam, sehingga dapat menjadi referensi untuk verifikasi kontak seseorang.

Contohnya, ketika ingin memeriksa kontak diri sendiri, mungkin orang lain akan menyimpan nama kontak kita sesuai nama lengkap. Ada pula yang hanya menyimpan dengan nama panggilan.

Jika orang lain itu adalah rekan kerja Anda, mungkin nama kontak Anda akan disimpan dengan keterangan nama divisi atau perusahaan, misalnya Clara CNN Indonesia.

Hal ini juga dapat digunakan untuk memeriksa kontak orang lain. Misalnya, Anda ingin memeriksa apakah benar seseorang yang menghubungi Anda adalah bagian pemasaran kartu kredit dari Bank A atau agen asuransi perusahaan B.

Berikut cara cek nama kontak lewat Getcontact dan Truecaller.

Cara Cek Nama Kontak lewat Getcontact

Ilustrasi handphoneIlustrasi. Cara cek nama kontak lewat Getcontact (iStock/FreshSplash)

Aplikasi Getcontact dapat Anda gunakan untuk memeriksa nama kontak diri sendiri maupun orang lain. Cara kerjanya, Anda hanya perlu memasukkan nomor kontak, baik diri sendiri maupun orang lain untuk dapat memeriksa nama kontaknya.

Nantinya, Getcontact akan mengidentifikasi nomor kontak tersebut dan memunculkan berbagai tag atau nama kontak dari nomor tersebut.

Jika anda memberi izin akses kepada Getcontact, aplikasi dapat langsung mengidentifikasi setiap panggilan masuk ke hp Anda dari berbagai nomor, termasuk yang tidak dikenal.

Identifikasi ini merujuk pada tags atau nama kontak mayoritas dari nomor tersebut. Misalnya, beberapa pengguna menyimpan kontak orang tersebut sebagai kurir paket, maka tag yang muncul akan berupa kurir paket.

Dengan begitu, Anda bisa langsung mengetahui siapa yang menelepon Anda, meski tidak menyimpan kontaknya. Selain itu, jika Anda berlangganan dengan aplikasi ini, maka Anda dapat memeriksa siapa saja yang memeriksa nomor kontak Anda.

Berikut cara melihat nama kontak kita di Getcontact.

  1. Buka aplikasi Getcontact di hp.
  2. Masukkan nomor pengguna di kolom 'Search by Number'.
  3. Klik simbol cari.
  4. Getcontact akan memunculkan berbagai tags atau nama kontak Anda sesuai yang diberikan oleh orang lain yang menyimpan nomor Anda.
  5. Jika ingin mencari nama kontak orang lain, masukkan nomor yang ingin dicari di kolom 'Search by Number'.
  6. Klik simbol cari.
  7. Getcontact akan memunculkan nama kontak dari nomor tersebut.

Cara Cek Nama Kontak Lewat Truecaller

Touch Screen Smartphone Lying on the Table while Person is Typing a Message. Concept of Email Writing, Chatting in Social Media Apps, Sending an SMS, Taking Note. Close-up Macro ViewIlustrasi. Cara cek nama kontak lewat Truecaller (iStock/gorodenkoff)

Cara mengetahui nama kontak kita di hp orang lain selain Getcontact adalah dengan menggunakan aplikasi Truecaller. Seperti halnya Getcontact, aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi setiap nomor kontak yang menghubungi Anda jika diberi izin akses.

Jika nomor kontak tersebut memiliki tag berbahaya, maka aplikasi akan memberikan peringatan kepada Anda. Pengguna pun dapat menambahkan laporan atau report terkait nomor kontak yang tidak jelas.

Berikut cara cek nama kontak online lewat Truecaller.

  1. Buka aplikasi Truecaller di hp
  2. Masukkan nomor kontak Anda di kolom 'Search Numbers, Names, & More'
  3. Truecaller akan memunculkan tag atau nama kontak Anda
  4. Jika ingin menambahkan tag, Anda bisa klik 'Add Tag' lalu masukkan nama kontak yang diinginkan

Demikian cara cek nama kontak lewat Getcontact dan Truecaller. Semoga membantu.

(uli/juh)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER