VIDEO: 5 Pelanggaran Jadi Fokus Operasi Patuh Jaya 2020

CNN Indonesia TV, CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 17:05 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah ditiadakan sementara selama masa PSBB per hari ini hingga 14 hari ke depan, operasi patuh jaya 2020 dimulai. Operasi patuh jaya melibatkan satuan gabungan Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP DKI Jakarta. Sasaran dari operasi ini adalah meningkatkan ketertiban lalu lintas berkendara serta penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana menyebut pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terus bertambah. Selama Januari hingga Juni 2020 ada lebih dari 4 ribu kecelakaan dan 484 ribu pelanggaran lalu lintas.

Lima jenis pelanggaran yang menjadi perhatian operasi ini di antaranya pengendara yang melawan arus, pengendara motor tidak mengenakan helm, pelanggaran marka jalan, penggunaan rotator atau sirine tidak sesuai standar, dan melintas di bahu tol. Sementara kedisiplinan protokol kesehatan adalah penggunaan masker dan jaga jarak.

Sistem operasi ini berfokus pada hunting dan bukan razia. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan. Selain itu, penindakan atas pelanggaran lebih diutamakan dengan pendekatan preventif atau pencegahan dan preemtif atau edukasi.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF