VIDEO: Pandemi Covid-19, Ibadah Haji Digelar Terbatas

Digital Admin, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 14:32 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyambut kedatangan jemaah haji, pemerintah Arab Saudi melakukan disinfeksi di kawasan Masjidil Haram. Para petugas membersihkan lantai dan pilar-pilar masjidil haram, saat 1.000 anggota jamaah pertama mulai berdatangan untuk haji terbatas tahun ini.

Pada awal bulan Juli ini, pihak kerajaan Saudi mengeluarkan pedoman bagi mereka yang diizinkan untuk melakukan ibadah haji. Para calon haji diharuskan membawa sajadah sendiri dan hanya diperbolehkan minum dari air zam-zam botolan yang sudah dikemas oleh pihak penyelenggara. Para calon haji juga harus melakukan karantina mandiri sebelum dan sesudah haji, mereka pun diharuskan melakukan tes.

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi tidak mengizinkan pesera haji dari luar negeri karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya, pihak kerajaan mengatakan bahwa 70 persen jemaah yang diizinkan melakukan ibadah haji merupakan warga asing di Arab Saudi, dan 30 persen sisanya merupakan warga lokal. Penduduk asing yang diizinkan berusia 20 hingga 50 tahun, dan belum pernah melakukan ibadah haji sebelumnya.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF