VIDEO: Cara Menjatuhkan Sapi Kurban Dengan Mudah

peb, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 22:14 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama ini tidak banyak yang tahu cara merobohkan sapi saat hendak disembelih, khususnya pada hari raya kurban. Saat hendak disembelih, hewan kurban harus diikat kakinya dan dijatuhkan dengan keras. Namun sebenarnya, menjatuhkan atau merobohkan sapi bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan bantuan seutas tali, sapi dengan mudah dirobohkan tanpa harus tersiksa.

Teknik menjatuhkan sapi ini disebut Burlay.

Untuk memberikan pengetahuan pada panitia di Masjid Masjid, dinas peternakan dan kesehatan hewan kabupaten Brebes, Jawa tengah, menyiapkan petugas untuk mengajari cara ini kepada penitia kurban. Harapannya, proses pemotongan kurban berlangsung lancar dan cepat.

Merobohkan sapi dengan cara ini hanya menggunakan tali, minimal 10 meter. Caranya dengan melilitkan tali simpul pada badan sapi. Pertama, tali dilingkarkan pada leher. Selanjutnya, dari leher tali dililitkan lagi dengan cara melingkar pada bagian pangkal kaki depan dan belakang. Setelah itu. Ujung tali ditarik dan sapi pun roboh. Setelah roboh, sapi kemudian diikat kakinya dan siap dipotong.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF