VIDEO: Tanamkan Disiplin Karakter Anak dengan Dongeng

Digital Admin, CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 08:21 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak cara dilakukan untuk membentuk karakter dan kepribadian seorang anak. Salah satunya dengan mendongeng atau bercerita. Di tengah kemajuan jaman, kegiatan mendongeng hingga profesi pendongeng tak lagi banyak ditemui.

Berdongeng di depan anak-anak, menjadi keseharian bagi Slamet Ruliyanto, warga Kinibalu Timur, Semarang. Pria 42 tahun yang akrab dipanggil kak Slem ini dikenal sebagai pendongeng yang kerap menghibur anak-anak. Dengan mimik dan gerak yang berganti-ganti, kak Slem menyampaikan cerita atau dongeng yang dapat membentuk karakter dan kepribadian anak-anak. Baik itu dongeng tentang sejarah agama, nabi hingga dongeng fiksi. Dengan kemampuannya itu, anak-anak yang melihat dan mendengarkan dongeng kak Slem jadi tertawa atau bahkan bersedih. Terlebih bila kak Slem melibatkan boneka untuk melengkapi dongeng yang dibawakannya.

Menjadi pendongeng sudah ditekuni Slem sejak 2017. Awalnya karena hoby dan keinginan untuk menghibur anak anak. Karena itu, ia tak pernah memasang tarif saat diundang untuk mendongeng.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF