VIDEO: Menakar Kemampuan Rapid Test Antigen

peb, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 16:33 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Rapid test antibodi menjadi metode yang digunakan untuk mendeteksi Corona, karena pertimbangan harga dan kecepatannya. Namun, menurut ahli, ada metode deteksi corona lain yang lebih akurat, dan sama kilatnya dengan rapid test antibodi, yakni rapid test antigen. Meski keduanya menawarkan hasil yang lebih cepat, namun tes Polymerase Chain Reaction, PCR merupakan standar tertinggi pendeteksian Covid-19.

Direktur lembaga biologi Molekuler Eijkman, profesor Amin Soebandrio, memaparkan bahwa di Indonesia terdapat dua macam tes untuk mengetahui apakah seseorang terpapar Covid-19. Pertama adalah tes kilat yang belakangan dikenal dengan rapid tes, dan yang kedua adalah tes swab. Tes cepat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu rapid test antibodi dan rapid test antigen.

Rapid test antigen merupakan metode lain untuk alat uji yang dianggap lebih memadai. Tes ini mendeteksi antigen atau protein yang dikeluarkan oleh virus, termasuk Covid-19 ketika infeksi sedang berlangsung dalam tubuh. Dengan kata lain, rapid test antigen dapat mendeteksi keberadaan antigen virus corona pada orang yang sedang mengalaminya. Sebab, antigen langsung merepresentasikan keberadaan virus di dalam tubuh.



Saksikan secara lengkap hanya di Transvision Channel 313 UHF